Warna urin manusia selain memiliki warna yang berbeda-beda ternyata mampu mendeteksi masalah kesehatan dalam diri kita.Biasanya cairan urin memiliki warna yang beragam mulai dari warna putih sampai warna kuning.

Seperti diungkapkan konsultan ahli urologi Tim Terry yang dilansir dari  www.lensaindonesia.com, warna urin dapat mendeteksi masalah kesehatan. Berikut merupakan pemaparan mengenai warna urin:

1. Kuning

Jika urin berwarna kuning pucat atau kuning gelap menandakan itu urin sehat

2. Hijau

Jenis obat antiseptik dan anestesi dapat membuat warna hijau pada urin.Warna hijau pada urin disebabkan oleh biru metilen, yang membuat ginjal harus bekerja keras mengurainya.

3. Orange

Urin yang berwarna orange menandakan adanya disfungsi hati.Jika urin anda berwarna orange disertai dengan warna tinja yang berwarna putih, ini disebabkan karena ikterus obstruktif.

4. Cokelat

Urin berwarna cokelat menandakan masalah ginjal.Hal tersebut menjadi gejala penyakit ginjal serius, bahkan fistula yang disebabkan ada kebocoran usus ke kandung kemih.

5. Merah

Urin berwarna merah menandakan ada kandungan darah dalam urin atau kanker.Lansia berusia lebih dari 40 tahun Diagnosanya adalah kanker kandung kemih.

Nah, itulah beberapa warna urin yang bisa mendeteksi masalah kesehatan yang anda alami.(lensaindonseia.com – ROTASI ed:Ax)

iklan