POSE BANGGA : Para anggota beserta pembina, pelatih, dan pendamping UKM Pramuka Arya Guna UBL berpose bangga bersama Piala di Kampus A, Drs. H. RM. Barusman UBL setelah menjadi juara umum Kegiatan Perkemahan Penghijauan Go Green 2018. (Dok Foto BMHK UBL).
POSE BANGGA : Para anggota beserta pembina, pelatih, dan pendamping UKM Pramuka Arya Guna UBL berpose bangga bersama Piala di Kampus A, Drs. H. RM. Barusman UBL setelah menjadi juara umum Kegiatan Perkemahan Penghijauan Go Green 2018. (Dok Foto BMHK UBL).

BANDARLAMPUNG – Peran Universitas Bandar Lampung dalam mengoptimalisasikan peran organisasi kemahasiswaannya agar berprestasi tidak ada hentinya. Seperti yang baru-baru ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Arya Guna UBL menjadi juara umum dalam Kegiatan Perkemahan Penghijauan Go Green 2018 yang di adakan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) pada tanggal 23-25 Februari lalu, di Desa Margakaya Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Kegiatan yang diikuti UKM Pramuka Arya Guna UBL ini, diikuti oleh Penegak dan Pandega Se-Provinsi Lampung. UBL sendiri mengirimkan 14  mahasiswa di dampingi oleh dua pelatih-pendamping yaitu Tri Nuryati, S.Kom., dan Dio Ade Wastia, S.H.

Dalam kegiatan ini UKM Pramuka Arya Guna UBL menjdi juara umum usai menjuarai beberapa kategori perlombaan seperti juara 1 lomba hasta karya, juara 2 pentas seni (pensi), juara sangga ter-hits, juara sangga ter-eksis dan menjadi juara 1 dalam perlombaan memasak.Anggota UKM Pramuka Arya Guna UBL yang ikut menjadi peserta perkemahan tersebut, Desi Indah Retno mengungkapkan bahwa keberhasilan timnya meraih prestasi tersebut berkat usaha dan kerja keras maksimal mereka bersama. “Saya sendiri baru pertama kali ikut kegiatan seperti ini dan Alhamdulillah sudah mendapat banyak juara dalam acara ini. Ini karena kekompakan tim dan semangat yang diberikan para pembina kami” ungkapnya via pesan elektronik.

Salah satu pelatih-pendamping UKM, Dio Ade Wastia mengungkapkan manfaat adik asuhnya mengikuti lomba ini, karena dapat membentuk karakter muda berprestasi melalui kompetisi pramuka yang sportif dan kompetitif dalam jajaran antar gugus depan pramuka Se-Provinsi Lampung. Terlebih kegiatan ini juga diikuti para perwakilan 15 kabupaten/kota yang terdiri dari tingkat penggalang, penegak, dan penaga khususnya dikalangan antar perguruan tinggi. “Lomba ini selalu diadakan setiap tahun. (prestasi) ini menjadi tingkatan prestasi yang akan terus kita tingkatkan hingga tertinggi. Kita sama-sama berusaha dan berharap efek prestasi ini, akan melecut semangat adik-adik agar (semangat) mengikuti lomba serupa dan meraih prestasi ditingkat nasional yang diberikan kwartir nasional,”harapnya.

 Untuk kearah tersebut, UKM Pramuka Arya Guna UBL sering mengikuti berbagai lomba kepramukaan di tingkat lokal hingga regional. Termasuk UKM Pramuka Unila berusaha mengembangkan diri secara profesional, terutama dalam pembentukan karakter pramuka diberbagai jenjang pembinaan. “Semua itu sudah tertuang dalam program kerja UKM yang sesuai dengan standarisasi dan akreditasi pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dalam Syarat Pramuka (yang ditetapkan kuartir nasional),” ucapnya.

Secara historis, UKM Pramuka Arya Guna UBL dibentuk sejak tahun 2017 ini di pimpin oleh Ketua Gugus Depan Dr. Ir. Hery Riyanto, MT. Sedangkan untuk pembina utama pramuka putra Drs. Harpain, MAT, MM dan pembina pramuka utama putri Tri Nuryati, S.Kom. Terpisah, dalam menyikapi prestasi anak binaannya, Harpain mewakili Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, MBA mengaku sangat bangga dan mengapresiasi pencapaian tersebut. “Adanya prestasi ini, menjadi bukti kami saling bersinergis dengan baik. Walaupun masih tergolong baru, tapi mereka mampu berprestasi dengan mengharumkan nama baik diri mereka (UKM), keluarga, masyarakat dan kampus (UBL) ini dengan menjadi juara umum. Kami akan terus mensuport mereka dan kegiatan UKM ini. Sesuai harapan Pak Rektor, semoga bisa terus ditingkatkan prestasinya, di tingkat yang lebih tinggi” tukas Harpain yang juga Wakil Rektor II Bidang Administrasi UBL tersebut. (Bmhk-Rts).

iklan