TERUS MENGABDI : UKM Mapala UBL Waka Pullan Tuha terus mengabdi dimasyarakat, dengan melaksanakan pelatihan pemantapan gunung hutan, di Gunung Betung, Pesawaran, 5-6 Februari. Hingga melaksanakan P4 Panjat Tebing kepada siswa SD IT Al Karim di Kampus A UBL, 10 Februari lalu. (Dok Foto instagram @mapalaubl).
TERUS MENGABDI : UKM Mapala UBL Waka Pullan Tuha terus mengabdi dimasyarakat, dengan melaksanakan pelatihan pemantapan gunung hutan, di Gunung Betung, Pesawaran, 5-6 Februari. Hingga melaksanakan P4 Panjat Tebing kepada siswa SD IT Al Karim di Kampus A UBL, 10 Februari lalu. (Dok Foto instagram @mapalaubl).

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Bandar Lampung (UBL) Waka Pullan Tuha terus eksis dalam pengabdian masyarakat. Anggota Pengawas UKM Mapala Deddy Mukhtar jelaskan UKM Mapala UBL memulai dengan pelatihan pemantapan gunung hutan. Kegiatan ini dilaksanakan Angkatan Muda angkatan ke-20 UKM Mapala UBL, yang dinaungi Divisi Gunung Hutan. Kegiatan ini dilangsungkan di Gunung Betung, Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, tertanggal 5-6 Februari 2017, lalu. “Secara teknis kegiatan ini bentuk pelaksanakan program rutin, dengan tempat dan kajian pengabdian selalu bergantian. Intinya, kegiatan ini bentuk pengaplikasian materi, berupa praktek (pelestarian alam) yang telah diberikan dalam salah satu rangkaian kegiatan sebelum musim pengembaraan,”katanya.

Secara umum, kegiatan ini bentuk pelestarian alam dan pelestarian budaya pemeliharaan bumi beserta isinya. Tentunya, agar bumi yang ditinggali manusia ini tetap lestari. “Ini bentuk aplikasi budaya pelestarian, sebagai bentuk jiwa tiap insan mapala. Terus semangat dalam menjalankankan organisasi, hanya dengan satu kata, satu perbuatan dan satu tujuan menjadikan Mapala UBL tetap jaya (besar),”jelas Mantan Ketua UKM Mapala UBL ini.

Setelahnya, diinternal kampus. UKM Mapala UBL juga rutin melaksanakan pendidikan karakter pada anak-anak usia dini. Dengan kembali, menerima kunjungan SD Islam Terpadu (IT) Alam Al Karim School, Bandar Lampung, dilapangan gedung C, kampus A, Drs. H. RM. Barusman UBL, Jumat (10/2/2017), lalu.  Kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara anggota aktif UKM Mapala UBL dengan mentor (guru) maupun siswa sekolah. Termasuk, menjalankan tupoksi sebagai pelatih lapangan bagi anak-anak SD IT Alam. “Kegiatan ini juga cara memperkenalkan olahraga panjat tebing guna membentuk mental dan melatih kesehatan jasmani anak-anak SD IT Alam,”imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas (Ka.Banwas) UKM Mapala UBL Rifandi Ritonga SH, MH menegaskan kedatangan para siswa SD IT Al-Karim School, Bandar Lampung merupakan pendidikan rutin climbing,bagi murid sekolah diagendakan setiap tahun, dilaksanakan Divisi Wall Climbing. Keterlibatan para siswa beserta guru SD TI Al-Karim School ini bentuk praktek pendidikan, pelatihan dan pemaparan (P4) panjat tebing, yang diberikan dari UKM Mapala UBL. Untuk kedua kalinya, setelah Jumat (12/8/2016) lalu. “Kegiatan ini bentuk pembiasaan dan kepedulian pada kesehatan sambil memperkenalkan pada olahraga ekstrim sejak dini. Terbukti, dipertemuan kedua para siswa tidak malu-malu naik (climbing). Dari sisi motorik, siswa terbentuk kekuatan mental kuat, tidak mudah menyerah dan berkompetisi dalam persaingan sehat. Apalagi olahraga ini safety dari sisi teknis dan peralatannya,”jelasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan