Opini Doesn - YulfriwiniUnit kegiatan mahasiswa (UKM) ternyata mampu menjadi sarana pembentukan karakter bagi mahasiswa yang terlibat didalamnnya.Karena dari UKM mereka (mahasiswa) bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan wawasan baru.Maka dari itu, mahasiswa diharapkan bisa terlibat langsung di dalam UKM yang disediakan oleh universitas.Demikian disampaikan, Dra. Yulfriwini,M.T selaku Kepala Biro Pembinaan Hubungan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Universiras Bandar Lampung, Kamis (3/1).

Menurut Yulfriwini, dari 11 (sebelas) UKM yang ada di UBL, seperti UKMI, UKM-BS, UKM Mapala, UKM–EC, UKM-Futsal, UKM-Basket Ball, UKM-Kristiani, UKM- Mandarin, UKM- Olahraga, UKM- Budhis dan UKM-Hindu, masing-masing memiliki kelebihan dan mampu menjadikan mahasiswa berkembang dengan baik. Sehingga seorang mahasiswa tidak hanya pintar didalam kelas namun juga pandai diluar kelas.“Dengan adanya UKM ini, mahasiswa jadi memiliki pengalaman berorganisasi karena sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita temui diluar kelas, ‘’ ujarnya.

Ditambahkan Yulfriwini, kegiatan UKM yang ada selayaknya menjadi acuan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya. Bakat-bakat yang  terpendam inilah yang bisa dikembangkan dalam Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di universitas. Karena dengan UKM bisa menjembati mahasiswa dalam menyalurkan bakat dan membentuk karakter atau pribadi yang lebih baik  Dengan diadakannya kegiatan UKM ini diharapkan mahasiswa mampu menyalurkan potensi sesuai kemampuannya melalui UKM yang dipilih. (rep:Aj&Ge/ed:Er)

iklan