14570832_357903824549607_3560198324176341026_o

Serangkaian kegiatan Program Pengenalan Kampus (PPK) tingkat fakultas memiliki tujuan menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa baru (maba) angkatan 2016. Kegiatan ini diisi oleh para pakar dan ahli yang kompeten baik di dalam maupun luar negeri sekaligus menutup rangkaian PPK tingkat fakultas Tahap II.

PPK Tahap II ini berkonsep Sharing Experience di 6 Fakultas dan 12 Program Studi tingkat  Strata 1. Kegiatan PPK Tahap II yang menyertakan 120 mahasiswa senior pendamping dan 136 dosen pengawas.

Kegiatan ini resmi dimulai Kamis (6-10) yang dilakukan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan pemateri Director Of Studies At April Fund, Warsawa, Polandia, Anna Oniszk-Popławska, Ph.D., berjudul Technology Teacher Training di Auditorium Gedung Pascasarjana, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati. Dilanjutkan, Sabtu (8-10) yakni PPK kolektif dengan pemateri Group Head Cash & Trade Operation, Bank Mandiri Jakarta, Satria Thoha, S.E., M.M., bertajuk Bekerja dengan Nurani di Aula Gedung F. Bersamaan dengan PPK Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) bertemakan Aplikasi Pelayanan Publik Yang Efektif dengan pemateri Wakil Bupati Waykanan H. Edward Antony, SP.i., M.Si., di Aula Rektorat.

Puncaknya, Minggu (9-10) di dua kampus UBL. Untuk di kampus B Pascasarjana, Dra.Hj.Sri Hayati Barusman UBL dilaksanakan tiga PPK Fakultas, yakni PPK Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan narasumber Director Human Resources on Service Management Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta, Dr. Sarfilianty Anggiani, S.E., M.M., M.B.A. dengan judul Kiat-Kiat Menjadi Mahasiswa Yang Sukses di Convention Hall.

Dibarengi PPK Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dengan pemateri yakni penghasil peranti lunak komputer lokal Lampung yang mendunia Aztechsoft International yang juga Ketua Aposis Lampung, Sri Wahono, S.T., bertajuk Mendidik Mahasiswa Sebagai Techopreuner Handal di Era Digitalisasi di Auditorium Gedung L.

Termasuk,PPK Fakultas Teknik (FT) di Auditorium Aula M lantai V dengan mengundang dua pemateri alumni yakni Dosen Teknik Mesin UBL Pitoni, S.T., M.T., dan Praktisi Kebijakan Manajemen dan Marketing dibidang Teknik Lampung, Bambang Teguh S.T., M.T yang seragam mengangkat tema ‘Mengangkat dan Menjaga Motivasi Sukses Dalam Perkuliahan’.

Terpisah di Aula Gedung F kampus A, Drs. H. RM. Barusman UBL juga diberlangsungkan PPK Fakultas Hukum (FH) berikut kuliah umum dan sosialisasi Program Anti Korupsi Peran Mahasiswa Dalam Memerangi Korupsi dengan pemateri Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Sally Salamah, AKA, M.Prof. Acc.,  Kasi Intelijen Pidana Khusus Kejaksanaan Tinggi Lampung Andi Metra Wijaya, S.H., M.H., dan Akademisi-Praktisi Hukum Tindak Pidana Lampung Dr.Bambang Hartono, S.H., M.Hum.

Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A menyebut PPK Tahap II terkait pembekalan bagi para maba, tentang keberlanjutan pengenalan PPK dijenjang Universitas, 3 dan 4 September lalu. Itu sebabnya masing-masing fakultas dan unit prodi perlu melaksakan kegiatan penunjang yang relevan, termasuk diadakan PPK fakultas dan prodi tahap I tersebut.

“Diisi beragam hal, terpenting mampu menghadirkan tokoh (narasumber) dengan segala pencapaian (prestasi) sebagai modal inspirasi, motivasi, apresiasi, dan aspirasi bagi para maba. Meski ada dari luar tetapi diutamakan para alumni jenjang S1 maupun S2 yang berhasil ditiap bidang. Bisa jadi contoh bahwa UBL mampu lahirkan tokoh yang berkiprah diranah nasional bahkan internasional,” Katanya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan