VIA LASTININGTYAS

Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) tidak henti-hentinya menorehkan prestasi. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kampus yang berkiprah di dunia pendidikan lebih dari 40 tahun ini. Prestasi ini semakin membanggakan karena diraih oleh Mahasiswa Penerima Program Beasiswa UBL sejak awal perkuliahan, Salah satunya yakni Via Lastiningtyas, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL.

Mahasiswi berparas cantik ini merupakan salah satu atlet andalan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lampung dalam berbagai Kejuaraan Cabang Olahraga Catur. Peraih medali perak catur standar di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau pada tahun 2012 tersebut, merupakan pecatur terbaik Lampung saat ini. Kiprah Via Lastiningtyas ditingkat nasional juga sangat disegani pecatur terbaik Indonesia, Irina Kharisma yang merupakan pecatur putri Jawa Barat.

“Catur merupakan hobi yang saya tekuni sejak duduk di bangku Sekolah Dasar dan untuk pertama kalinya mengikuti lomba olahraga catur, saya memperoleh Juara Kedua. Hal membanggakan ini yang akhirnya menuntun saya meraih berbagai prestasi di Kejuaraan lainnya hingga bisa menjadi Mahasiswi Penerima Beasiswa Pendidikan di UBL karena Prestasi Non Akademik,” ujar Putri pasangan Sukijan dan Supriyati kelahiran Bandar Lampung, 19 Januari 1995 ini.

Mahasiswi yang tergabung dalam UKM Catur UBL ini juga mengungkapkan kebanggaannya atas komitmen UBL dalam memberikan apresiasi bagi para Mahasiswa berprestasi seperti dirinya melalui Program Beasiswa. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus meningkatkan kiprahnya di Kejuaraan Cabang Olahraga Catur ini hingga tingkat internasional.

Selain sebagai Peraih Medali Perak dalam PON Riau tahun 2012, Alumni SMA Taman Siswa Bekasi, Jawa Barat ini memiliki banyak prestasi yang diraihnya dalam berbagai Kejuaraan Cabang Olahraga Catur, beberapa diantaranya Juara Ketiga selama 2 (dua) tahun berturut-turut dalam Kejuaraan Nasional (kejurnas) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada tahun 2010 dan di Manado pada tahun 2011.

Kemudian Juara Ketiga juga dalam Kejurnas di Jakarta pada tahun 2013, Juara Kedua dalam Kejurnas di Makasar pada tahun 2014 serta meraih 3 (tiga) Medali Emas dalam Pekan Olahraga Provinsi di Kalianda, Lampung Selatan pada tahun 2014.

Prestasi yang baru-baru ini diraihnya yakni Juara Pertama dalam Pekan Olahraga Mahsiswa Daerah (POMDA) khusus olahraga catur pada tanggal 6 hingga 7 Juni 2015 lalu yang diselenggarakan UBL dan Badan Pembina Olahraga dan Seni Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Lampung. Dirinya bersama 10 (sepuluh) peserta lainnya akan bertanding kembali dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XIV yang akan digelar pada tanggal 14 hingga 21 November 2015 di Banda Aceh.

iklan