CIKAL KERJASAMA : Cikal terjadinya kerjasama UBL dengan ITB, terlaksana sejak terlaksananya Stand Pameran Mahasiswa UBL berkolaborasi dengan Mahasiswa STIE ITB dalam EE Days ITB 2015,silam (Dok. Foto Rotasinews.com/BMHK UBL)
CIKAL KERJASAMA : Cikal terjadinya kerjasama UBL dengan ITB, terlaksana sejak terlaksananya Stand Pameran Mahasiswa UBL berkolaborasi dengan Mahasiswa STIE ITB dalam EE Days ITB 2015,silam (Dok. Foto Rotasinews.com/BMHK UBL)

Universitas Bandar Lampung (UBL) semakin intensif mengadakan kerjasama antar kelembagaan, ditingkat regional-nasional. Kali ini, bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Lampung. Hal itu pun kembali ditegaskan Wakil Rektor (WR) Bidang Kemahasiswaan UBL, Dr. Bambang Hartono, S.H., M.Hum. Saat ini kontingen UBL, terdiri Rektor Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, MBA., bersama jajaran Dekanat dan Program Studi Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UBL tengah di Kota Bandung untuk mengimplementasikan kerjasama studi lanjut, yang terlaksana sejak Selasa Rabu (14-12) lalu.

Tujuan dari kerjasama ini, UBL dan ITB sama-sama memiliki visi, misi serta tujuan menciptakan ilmu teknologi keteknikan terkini, yang effort (dampaknya) dapat dirasakan hingga tingkat nasional.Dalam kesempatan itu pula, Bambang juga berharap dari kesempatan kerjasama tersebut. Hak Kekayaan Intelektual setiap project yang dikerjakan para mahasiswa FIK UBL harus kembali ke UBL.

“Memang kerjaan itu kan dibimbing (dosen) ITB tetapi dikerjakan para mahasiswa kita (FIK UBL), makanya harus diupayakan kembali ke UBL. Soalnya,dapat mengangkat harkat, derajat dan martabat kampus kita. Insya Allah, pengajuan Hak Kekayaan Intektual akan tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) dengan ITB maupun para mahasiswa kita,” Jelasnya.

Selain dengan ITB, Bambang juga menerangkan, rencananya UBL melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) akan mengadakan kerjasama dengan Polda Lampung. Yakni, mengakomodir kepakaran dosen, yang juga Dekan FKIP Susanto Saman, SS., M.A., Ph.D.,sebagai Ahli Linguistik Forensik dalam pembuktian berbagai perkara Hukum Pidana di Provinsi Lampung.

Kedepan, Bambang berharap melalui kerjasama ini, memungkinkan para dosen UBL berkontribusi sebagai pendapat ahli dalam gelar perkara di Polda Lampung, atau bisa ditarik dilevel nasional, yakni Mabes Polri. “Nantinya, pihak kita hanya mewakili (tim ahli) pihak Polda, termasuk memberi pendapat dan narasumber pihak-pihak terkait di Polda maupun pusat (Mabes Polri),” Tuturnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan