BERI SAMBUTAN : Dekan FH UBL Dr. Erlina B, SH, MH memberikan sambutan disela pembukaan PKPA Edisi Ke-X, tahun 2017, di Aula Gedung M, Kampus B, Pascasarjana UBL, Dra. Hj Sri Hayati Barusman, Jumat, (27/1/2017), lalu. (Dok. Foto Istimewa/BMHK UBL).

Untuk kesekian kalinya, Universitas Bandar Lampung (UBL) melalui Fakultas Hukum (FH) dan Magister Hukum (MH) dipercaya Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia (DPC AAI) Bandar Lampung untuk mengadakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Kegiatan yang diadakan untuk ke sepuluh kalinya ini, diikuiti ratusan peserta dari berbagai kalangan. PKPA 2017, digelar dalam rangkaian kerja sama UBL dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi).

Dekan FH UBL Dr. Erlina B, SH, MH mengaku sangat tersanjung dengan penunjukan pihak kampusnya, sebagai tempat rutin pelaksanaan PKPA, yang sudah memasuki edisi ke-X. “Dalam ranah akademis dan praktisi, PKPA ini penting bagi para pihak (peserta) yang mengikuti (tes) nya, karena  merupakan syarat bagi kalangan sarjana, maupun magister yang berlatar pendidikan tinggi ilmu hukum, ilmu syariah, ilmu kepolisian, atau ilmu militer yang ingin berprofesi sebagai advokat (pengacara) profesional,” Ucapnya.

Sedangkan, Wiwik Handayani menegaskan adanya PKPA ditahun 2017 ini merupakan bentuk rentetan keberhasilan Peradi bersama pihak terkait, khususnya UBL dalam menegakkan eksistensi dalam memajukan pengembangan dan berkesinambungan ketersediaan para advokat profesional terutama dalam membela kepentingan masyarakat sebagai klien hukumnya.

“Kami (AAI Bandar Lampung) mendapat otoritas dan wewenang dari DPN Peradi untuk mengadakan PKPA di Lampung. Untuk teknis pelaksanaan, kami bekerja sama dengan FH UBL. Alhamdulillah, dengan terlaksana kerjasama ini, membuktikan bahwa kami bersama DPN dan DKD Peradi dapat meneruskan eksistensi dalam melaksanakan PKPA,” kata Wiwik.

Sedangkan, Ketua panitia PKPA 2017 Abdul Kodrat S, SH menjelaskan, DPC AAI membatasi jumlah peserta PKPA agar pelatihan menjadi lebih efektif dan terarah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, AAI mengutamakan kualitas dan profesionalitas dalam mengadakan PKPA. “Kualitas dan profesionalitas AAI telah teruji. Terbukti, 89% peserta UPA (Ujian Profesi Advokat) DPN Peradi yang berhasil lulus di Lampung adalah alumni PKPA yang diselenggarakan DPC AAI Bandar Lampung, bertempat di UBL ini,” Tegasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan