Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Mustafa, M.H., meresmikan secara langsung website resmi Kampung Adi Jaya, pada Minggu (16-10) malam lalu.
Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Mustafa, M.H., meresmikan secara langsung website resmi Kampung Adi Jaya, pada Minggu (16-10) malam lalu.

Program dana desa yang sedang gencar-gencarnya digalakkan di era kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo telah memacu pembangunan di setiap desa baik infrastruktur maupun suprastrukturnya. Kali ini, salah satu desa binaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung (UBL), yakni Kampung Adi Jaya berhasil membuat sebuah gebrakan dengan meresmikan satu-satunya website resmi desa di Kabupaten Lampung Tengah. Website desa ini sangat berguna terutama untuk memudahkan pelayanan publik kepada warga masyarakat di lingkungan Kampung Adi Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman M.B.A., mengatakan pembuatan laman website kampung itu merupakan wujud kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang akan terus diperluas dalam berbagai program pengabdian. Bahkan, setelah sukses dengan perencanaan baik di Kampung Adi Jaya ini akan dikembangkan ke wilayah lainnya. “Website kampung ini bisa menjadi percontohan bagi desa atau kampung lain di Provinsi Lampung yang ingin memberikan pelayanan publik yang prima. Kami (UBL) sangat siap membantu semaksimal mungkin,” Ungkap Rektor.

Ditambahkan Anggota Tim Pendamping pembuatan website dari UBL, Noning Verawati, S.Sos., M.A., mengatakan bahwa keberadaan website yang dimiliki kampung atau desa akan berdampak positif bagi kampung itu terlebih untuk keterbukaan informasi bagi publik. Jadi, semua orang dapat mengakses segala potensi kampung. “Di daerah Pulau Jawa, umumnya mereka telah memiliki website resmi desa dan kampung. Bahkan, tidak sedikit pula desa mereka tenar atau menjadi viral di sosial media karena potensi yang di unggah ke internet,” Kata Vera.

Sedangkan Ketua Tim Pengabdian UBL di Kampung Adijaya, Dr. Wawan Hernawan, M.Pd., mengatakan website kampung ini akan menjadi awal yang baik bagi kampung untuk lebih mengenalkan potensi dan produk unggulan mereka. “Ini artinya potensi wisata juga akan dapat dikembangkan,” Imbuh pria yang juga Dosen Fisip UBL ini.

Dari aplikasi dilapangan, peluncuran website kampung dilaksanakan pada Festival Bersih Kampung Adi Jaya 2016 dilapangan Kecamatan setempat, Minggu (16-10) malam lalu. Kepala Kampung Adijaya, Ngatino HS mengaku upaya bantuan pembuatan website dari UBL sangat disambut meriah para warga masyarakat hingga pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah.

Bahkan, pada peresmian website resmi kampung www.kampungadijaya.com langsung diresmikan Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. H. Mustofa, M.H., pada malam puncak festival rutin Bersih Kampung diwilayahnya tersebut. Ngatino menambahkan, festival itu bertujuan sebagai puncak peringatan apresiasi dan ekspresi warga berupa pawai kreatif, pertunjukan seni dan hiburan rakyat.

“Dalam acara itu, selain diisi berbagai seni kebudayaan masyarakat setempat, juga dimeriahkan peluncuran web (kampung). Lewat ajang ini, seluruh pihak dapat menyampaikan pemanfaatan website bagi kampung. Ini menjadi terobosan baru bagi kampung dalam berbagi informasi kepada masyarakat. Selain itu juga menjadi wadah optimalisasi pemberian layanan kepada publik,” Ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ngatino di sela acara sangat berharap besar dengan adanya website kampung akan membuka akses untuk mengenalkan potensi dan keunggulan kampung kepada segala pihak di tiap sektoril, mulai tingkat lokal, domestik, regional, nasional hingga internasional.

“Segala apapun dari mulai penyampaian informasi dan komunikasi hingga berbagai prestasi di kampung ini dapat disampaikan kepada siapa saja, bahkan kepada dunia. Website ini juga akan menjadi cerminan kami (pemerintah kampung, red) dalam melayani masyarakat,” Pungkas Ngatino. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan