BERMANFAAT : Pembekalan memasuki dunia kerja dan beasiswa studi lanjut di Aula Gedung F, Kampus A, Drs. H. RM. Barusman, Selasa (2/5/2017), memberikan manfaat bagi para calon wisudawan UBL Tahun Akademik genap 2016/2017. (Foto Dok. BMHK UBL)
BERMANFAAT : Pembekalan memasuki dunia kerja dan beasiswa studi lanjut di Aula Gedung F, Kampus A, Drs. H. RM. Barusman, Selasa (2/5/2017), memberikan manfaat bagi para calon wisudawan UBL Tahun Akademik genap 2016/2017. (Foto Dok. BMHK UBL)

Pembinaan yang dilakukan Universitas Bandar Lampung (UBL) untuk menjadikan para calon wisudawan Tahun Akademik Genap 2016/2017 siap memasuki dunia kerja dan melanjutkan kuliah melalui program beasiswa melalui program pembekalan di Aula Gedung F, Kampus Drs. H. RM. Barusman, Selasa (2/5) lalu. Pembekalan dua sesi ini mengambil tiga tema Kiat Sukses Studi Lanjut di Dalam dan Luar Negeri, Strategi Menjadi Karyawan Sukses dan Profesional di Karir hingga Tips dan Tricks Menjadi Wirausahawan Muda yang Sukses.

Pembekalan yang dimoderatori Kepala Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (BMHK) Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., ini, menghadirkan tiga narasumber berkompeten, yakni praktisi Owner Surya Maxima Photography Yuke Elvandari, S.E., serta para akademisi UBL seperti Ronny Hasudungan Purba, S.T., M.SCE., Ph.D. ; dan Wayan Karang Yana, S.Pd., MA.

Pada kesempatan ini, salah satu pemateri Yuke menilai pembekalan ini menuntun calon wisuda sebagai suksesor didunia kerja. Selain itu, dari tiap pendadaran pemateri dapat menginspirasi peserta meniti langkah penentuan masa depan. Dari sisi materinya, Yuke ingin mensharing informasi berwirausaha yang sukses. “Ingin sukses (berwirausaha) bermodal usaha sendiri. Didasari hobi, kemampuan diri dan cita-cita besar,” katanya.

Tidak jauh beda, Wayan menilai pembekalan ini memberikan motifasi bagi para lulusan. Bahwa menjadi sukses harus dibangun dari mewujudkan mimpi. Tidak hanya dilingkup dunia kerja, termasuk solusi alternatifnya melanjutkan kuliah didalam dan luar negeri. Terkait materinya, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UBL ini melanjutkan, alumni UBL punya kesempatan besar kuliah lanjut dengan beasiswa. Sedangkan Ronny, menilai langkah pembekalan memasuki dunia kerja,maupun beasiswa didalam dan keluar negeri sama baiknya. Karena sama-sama menentukan arah hidup dan memberikan sumbangsih untuk komunitas agar lebih bermakna.

“Kesuksesan dikedua bidang ini, berarti menikmati hidup sambil berkreasi dan menginovasi  mencari jalan sukses sehingga mendapat pelajaran hidup berharga dari segala hal termasuk mematangkan sisi psikologis dan pengembangan akademik-non akademik selama dikampus,” Tutup Dosen Teknik Sipil FT UBL ini. (Rep. BMHK/Ed. RTS)

iklan