Aksi Massa d halaman gedung DPRD Provinsi Lampung
Aksi Massa d halaman gedung DPRD Provinsi Lampung

Rabu, 7 Oktober 2020 ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil beserta para buruh dan pelajar memenuhi halaman depan Gedung DPRD Provinsi Lampung sekitar pukul 11.30 WIB guna menuntut DPRD Prov. Lampung menyatakan sikap untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja yang dilakukan DPR Pusat.
Saat orasi yang dilakukan oleh perwakilan organisasi sedang berlangsung, beberapa kali terlihat ketegangan dengan aksi pembakaran ban dan pelemparan batu ke arah gedung yang diduga diprovokasi oleh oknum tidak dikenal. Kejadian ini pun segera diredam oleh korlap yang bertugas.
Namun pukul 15.45 WIB, kericuhan tidak dapat dihindari lagi setelah tuntutan massa agar Ketua DPRD Prov. Lampung untuk keluar dari gedung tidak diindahkan. Massa memaksa masuk gedung dengan melempari batu ke arah petugas yang berjaga dan menyebabkan beberapa kaca depan Gedung DPRD Lampung pecah dan membuat seluruh orang yang berada di dalamnya, tidak terkecuali media harus dievakuasi. Water Cannon pun ditembakkan sebagai upaya untuk membubarkan massa. Kejadian ini mengakibatkan beberapa mahasiswa dan pihak kepolisian yang belum diketahui jumlahnya terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Hingga saat ini tidak ada laporan yang menyatakan jatuhnya korban jiwa.
Massa aksi beserta para buruh sudah membubarkan diri, namun hingga pukul 19.00 WIB masih terlihat beberapa oknum tanpa atribut melakukan pelemparan ke arah aparat yang berjaga.
“Bisa saya sampaikan tidak menggunakan atribut, karena jelas diaksi kita sudah dicantumkan kita bermasker gitu ya, beralmamater mahasiswa masing-masing atau menggunakan PDH UKP yang sudah punya gitu.” tutur Korlap Abdirohman. Rep. II

iklan