Proses menumbuhkan kepribadian mahasiswa yang mampu mengekplorasi, menyanggah hingga mempertanggungjawabkan segala hal dalam forum debat secara ilmiah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan Fisip Debate Competition (Fideco) 2016 dengan tajuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa yang Aktif, Kritis dan Berintelektual yang dilaksanakan pada Rabu (2-11) mendatang, mulai pukul 08.00 hingga selesai di Gedung R Aula Lantai 7 kampus Drs. H. RM. Barusman.

Menurut Panitia Fideco Fisip UBL 2016, Denta mengakui meskipun kompetesi debat ini hanya untuk kalangan para mahasiswa Fisip dengan tiga program studinya yakni Administrasi Publik, Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi tetapi cakupan efek yang dihasilkan dapat dirasakan untuk segala aspek ditingkat lokal, domestik, regional hingga nasional.

Terkait teknis kompetisi, mahasiswa Fisip UBL angkatan 2013 ini menambahkan tiap grup terdiri dari tiga orang. “Tiap tim (personilnya) boleh beranggotakan sama ataupun beda tiap prodinya. Pendaftaran dapat melalui SMS dengan format nama masing-masing anggota berikut asal prodi, kirim nomor sms center panitia yang terpampang di media informasi lomba,” Terangnya.

Ditambahkan, panitia Fideco UBL 2016 lainnya Deti. Meski masih digodok pihak panitia. Namun, secara teknis, kemungkinan garis besar mekanisme dan model pertandingan yang digunakan dalam Fideco ini menggunakan sistem Asian Parlementary. Yakni, dengan sistem akumulasi victory point pada tiga pertandingan di babak penyisihan dan sistem gugur lalu menuju babak perempat final, semifinal dan hingga di final.

Deti pun rutin bersosialisasi para mahasiswa Fisip UBL untuk mengikuti lomba ini. Pasalnya sangat bermanfaat bagi para peserta.Selain akan mendapatkan pengalaman,ilmu pengetahuan, hingga iklim kompetitifnya  yang berharga. Tiap tim peserta sama besarnya berkesempatan meraih hadiah berupa dana pembinaan,trofi dan sertifikat dari pihak fakultas.

Selain itu Deti juga berharap atas nama Dekanat Fisip yang berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip, bersama Himpunan Mahasiswa (hima) ditiga prodi Fisip UBL.Agar para mahasiswa mampu menjaga nama sendiri, prodi, fakultas hingga pihak universitas.

“Kompetisi ini harus berjalan dengan baik dan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain. Itu sebabnya, langkah kami (BEM Fisip) didukung pihak universitas hingga jurusan menyelenggarakan hingga berusaha mengikutsertakan banyak mahasiswa dalam lomba ini,” Terangnya.

Dalam kesempatan sama, Deti juga menyampaikan pesan dari Dekan Fisip UBL. Yadi Lustiadi berharap pelaksanaan Fideco 2016 dapat terlaksana dengan baik. Pasalnya, suksesnya pelaksanaan Fideco memberikan kontribusi optimal, karena dapat meningkatkan kapabilitas, kapasitas, kualitas,mutu, hingga dapat menambah point akreditasi fakultas hingga institusi universitas. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan