perbedaan komunikasi pria dan wanita

Wanita adalah ciptaan Tuhan yang paling indah tanpa adanya wanita di dunia ini takkan membuat kaum pria merasa bahagia, kira-kira seperti itulah kata pujangga. Keberedaan wanita di era modern saat ini begitu mendominasi bagaimana tidak, banyak wanita yang saat ini bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri bahkan keluarganya. Wanita tidak lagi berada pada images yang harus dirumah saja tanpa melakukan apapun.

Jika kita flashback pada zaman dahulu tepatnya di era Raden Ajeng Kartini, wanita pada saat itu hanyalah seseorang yang dianggap rendah oleh kaum pria dimana mereka tidak boleh melakukan apapun dan hanya berdiam diri atau mengerjakan pekerjaan rumah bahkan untuk sekolah atau menutut ilmu menjadi manusia yang lebih baik pun tak diperbolehkan. Sepertinya wanita pada saat ini sungguh harus berterima kasih kepada segala perjuangan Raden Ajeng Kartini untuk mendapatkan emansipasi wanita, mungkin kalau tak ada Raden Ajeng Kartini wanita sekarang masih seperti zaman dahulu.

Namun yang namanya wanita tetap saja wanita. Berhati lembut dan terkadang sedikit merasa paling benar. Butuh seni komunikasi yang berbeda untuk dapt mengerti dan memahami hati seorang wanita. Pasti anda pernah mengalami miss communication dengan wanita dihidup anda seperti Ibu, pasangan hidup, kekasih, adik, kakak, teman atau sahabat.

Berikut adalah 3 cara untuk anda dapat berkomunikasi secara efektif dengan wanita anda:
1.Dengarkan wanita anda bicara : Berdasarkan fakta yang ada bahwa wanita akan jauh lebih banyak mengeluarkan kosa kata dalam sehari dibandingkan pria. Jika wanita ada suatu masalah atau sedang ingin menceritakan suatu hal yang dianggap dirinya penting untuk anda para pria dengarkanlah dengan baik. Karena sesungguhnya para wanita hanya perlu didengarkan denga seksama tanpa meminta solusi dari para pria.

2.Memahami bahasa wanita : Wanita sesungguhnya hanyalah manusia biasa, namun ada sesuatu yang unik dalam dirinya yaitu mengenai bahasa. Tidak dapat dijelaskan atau di interpretasikan lewat sebuah kata-kata atau peta konsep tapi percayalah bahwa wanita punya bahasanya sendiri. Wanita dapat dibilang suka menggunkan komunikasi simbolik (Komunikasi menggunkan simbol-simbol) itu dikarenakan bahwa wanita memiliki tingkat gengsi yang begitu tinggi sehingga sulit untuk mengungkapakan apa yang dia rasa. Sebagai contoh kalimat “aku gak papa kok” terkadang pria langsung mengabaikannya tapi sesungguhnya bagi wanita itu adalah tanda bahwa di dalam dirinya ada suatu hal yang tidak bisa ia jelaskan dan sulit untuk diungkapkan.

3.Tanggapi dengan kata dan bahasa yang lembut : Sekuat-kuatnya wanita takkan bisa menyalahkan kodratnya bahwa hati wabita begitu lebut. Menurut ilmu Psikologis tingkat sensitive wanita begitu tinggi sehingga mereka akan lebih muda tersinggung atau menangis jika ada suatu hal yang membuat hatinya tersentuh. Gunakanlah bahasa atau cara berkomunikasi dengan wanita secara lembut karena wanita tidak menyukai bahasa atau nada berbicara kaum pria yang tinggi dan kasar.

Itu adalah 3 cara jitu untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan wanita. Percayalah bahwa sesungguhnya wanita hanya ingin dimengerti. (UI)

iklan