bukti-nyata-ppk-tpt-ft-ubl2Langkah Fakultas Teknik (FT) Universitas Bandar Lampung (UBL) mengimplementasikan Program Kerja-Tri Dharma Perguruan Tinggi (PK-TPT) sangat diapresiasi berbagai pihak baik di tingkat lokal, domestik, maupun regional dan nasional.

Direktur Program Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (PPIK) UBL Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., berujar bahwa PK-TPT berbasis kearifan lokal dikembangkan FT UBL ini sungguh luar biasa.

“Kami mewakili UBL, sangat mengapresasi dan menganggap prestasi ini perlu dilestarikan, tidak hanya diseluruh jajaran pemerintahan, tapi wara-wiri juga menggandeng instusi perguruan tinggi lain hingga kekalangan sekolah, melalui kerjasama dengan para kepala sekolah ikut mendukung program FT UBL khususnya ikut diprogram pengabdian masyarakat,” Akunya

Bentuknya, mulai di Program Studi Teknik Sipil bersama Lab Teknik memiliki klien pengujian jalan dan jembatan sampai Jawa Barat. Selain dari Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu termasuk pengujian uji materiil keteknikan dan pengujian para kontraktor dari unsur BPK, inspektorat, perusahaan-perusahaan swasta, hingga kepolisian di Lampung.

Selain itu, para mahasiswa teknik arsitektur selalu rutin menggelar program pengembalian kondisi alam berupa penataan kawasan seperti renormalisasi di Pulau Tegal, Pesawaran. Selain itu, penataan kali, sungai,gunung hingga lingkungan masyarakat hampir ditiap wilayah di Lampung.

Selanjutnya, Teknik Mesin yang didukung Laboratorium Teknik UBL kini mampu mengoperasionalkan fungsi lab. Tidak hanya mampu menguji tetapi juga memproduksi mesin industri berdasarkan hasil kreasi, inovasi yang bisa dipakai masyarakat. Bahkan, publik bisa dibantu pengoperasionalannya dengan harga jasa terjangkau. Tentu, dengan sistem kerja yang sederhana, efesien, dan efektif.

“Dari hasil ini, publik yang terbantu bertestimoni. PK-TPT FT UBL mampu membantu dan mengubah tatanan kehidupan mereka sehari-hari, terutama dalam peningakatan ekonomi. Selain itu, akademisi praktisi FT UBL mampu mensinergiskan keilmuan di univesitas kepada masyarakat. FT dengan fungsinya juga mampu menuntun dan menghidupkan (sukses) banyak orang,”Akunya.

Menyikapi hasil ini, Dekan FT UBL Dr. Eng. Fritz Akhmad Nutzir, S.T., M.A., tidak bisa menutup kebanggaannya atas pencapaian prestasi PK-TPT dilembaga naungannya. Fritz pun berharap dari hasil ini, pengembangannya bisa sentuh hingga tiap lini hidup masyarakat. Langkah yang dilakukan FT UBL lain, yakni dengan masuk membantu dan mengembangkan SMK di Lampung. Cakupannya di tiga prodi yang ada. Bentuknya, dengan membuka jalur magang luas buat anak-anak SMK maupun lulusannya bahkan diberi gaji dan sertifikat sesuai kompetensinya.

Selain itu, Dosen Teknik Arsitektur UBL lengkapi fungsi lab juga bisa dikondisikan buat pengujian berbagai material produk pasaran dan berbagai objek mesin dengan menggunakan mesin UTM.

“Termasuk belajar mengoperasionallkan bahan materiil, Kita (UBL) termasuk  pertama yang mempunyai alat ini di Sumatera dan Lampung. Buat rekuitmen dan pengajuan uji coba cukup mengajukan saja proposal ke manajer operasional FT UBL, (Witono, S.T.,M.T),” Terangnya.

Dengan, hasil ini Fritz berharap para lulusan SMA dan SMK Lampung diketeknikan. Apalagi masuk FT UBL mampu  menyampaikan visi-misi UBL, yakni agar kualitas sivitas akademika mumpuni sehingga mengangkat Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) dilevel internasional di 2035 nanti. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan