Blog_Hati-Hati-Ini-Dia-7-Dampak-Buruk-Jika-Terlalu-Lama-di-Ruangan-Ber-AC_825x355px

Ketika cuaca di luar ruangan sedang panas, berdiam di sebuah ruang ber-AC memang menjadi pilihan. Cuaca dingin didalam ruangan ini bisa membuat nyaman setiap orang yang berdiam diri didalamnya tetapi ada satu permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan jika AC tidak dibersikan secara berkala.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul dari AC yang tidak dibersikan secara berkala :

  1. Gangguan pernapasan

Pendingin ruangan sangat bergantung sekali terhadap filter didalamnya. Jika tidak dibersikan maka bakteri dan jamur dapat berkembang biak dan bisa masuk kedalam paru-paru manusia melalui udara. Bahaya yang dapat ditimbulkan adalah terkena radang paru-paru (pneumonia).

  1. Sakit di bagian kepala

Banyak orang yang masuk kedalam ruangan ber-AC dan beraktivitas didalamnya selama beberapa jam mengalami gejala sakit kepala, meriang dan kelelahan. Tetapi setelah beraktivitas di luar ruang gejala tersebut perlahan hilang, kondisi ini dapat dikenal dengan istilah sick building syndrome. Salah satu kiat mengatasinya dengan mengatur temperatur AC yang sesuai dengan kondisi tubuh, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

  1. Kulit kering

Semakin lama beraktivitas didalam ruangan ber-AC, maka kelembaban kulit semakin berkurang. Seperti halnya udara dingin, udara yang kering juga akan membuat kulit kehilangan kelembabannya.

iklan