AKREDITASI A : Akreditasi yang tertuang dalam SK BAN-PT No. 4303/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 menjadi pencapaian luar biasa dari kerja keras segenap sivitas akademik teknik sipil Universitas Bandar Lampung.
AKREDITASI A : Akreditasi yang tertuang dalam SK BAN-PT No. 4303/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 menjadi pencapaian luar biasa dari kerja keras segenap sivitas akademik teknik sipil Universitas Bandar Lampung.

BANDARLAMPUNG – Kepiawaian program studi Teknik Sipil dan sumber daya manusianya (sdm) di kancah akademik dan non akademik membuahkan hasil dengan diraihnya akreditasi A di tahun 2017 ini. Akreditasi yang tertuang dalam SK BAN-PT No. 4303/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 menjadi pencapaian luar biasa dari kerja keras segenap sivitas akademik teknik sipil Universitas Bandar Lampung. Demikian ungkap Kepala Program Studi Teknik Sipil UBL, Dr. Any Nurhasanah, M.T., di gedung E fakultas teknik, Kampus Drs. H. RM. Barusman UBL, Selasa (05/12/2017) lalu.

Any menambahkan bahwa metode pembelajaran dengan sarana dan prasarana yang baik menjadi penunjang utama dari keberhasilan program studi ini. Selain itu, rutinnya diadakan kegiatan baik dalam lingkup akademik maupun non akademik yang turut menghadirkan tokoh-tokoh nasional dan internasional menjadi motivasi bagi perkembangan cakrawala wawasan para mahasiswa program studi teknik sipil terutama dalam memberikan penyelesaian dari masalah-masalah di bidang konstruksi.

“Fasilitas yang diberikan mulai dari ruang kelas yang nyaman, laboratorium yang terakreditasi sehingga menjadi referensi banyak pihak untuk bidang keteknikan, serta suasana belajar mengajar yang kondusif tentu mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran. Selain itu, fakultas dan program studi menghadirkan para pakar teknik sipil dari kampus-kampus besar lokal dan international, lembaga konsultan serta lembaga pemerintah guna menambah pengetahuan para mahasiswa,” Tambahnya.

Senada diungkapkan, Dekan Fakultas Teknik, Ir. Juniardi, M.T., yang mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh komponen pada prodi teknik sipil. Ia menambahkan kiprah mahasiswa khususnya pada program studi teknik sipil sudah sering mendapat penghargaan.“Selain dosen, kiprah alumni juga begitu baik karena sebagian besar mereka terserap di dunia kerja dengan cepat menunjukkan kualitas yang baik juga seperti bekerja di bidang pemerintahan atau Dinas PU, menjadi kontraktor, konsultasn dan masih banyak lagi. Dalam bidang prestasi pun, terbaru ini kiprah mereka terlihat dari berhasilnya ikut lomba bergengsi di tingkat nasional seperti lomba LKTI Civil in action 2015 dan 2016 yang diselenggarakan UGM serta berhasil masuk grand final, ada juga lomba LKTI di civil week yang diselenggarakan UNS juga berhasil masuk grand final tahun 2015, dan menjadi juara III lomba pengelolaan air bersih tingkat nasional di UNTAR JAKARTA 2016,” Tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T. turut berbangga atas capaian program studi teknik sipil UBL. Prestasi ini menjadikan kampus ini mendapatkan keberhasilan untuk berkiprah bersama 11 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang telah terakreditasi di Indonesia dan mendapatkan Akeditasi A dalam kategori kampus di luar Jawa. “Ini adalah hasil kerja keras seluruh komponen dari kiprah mahasiswa serta kinerja-kinerja dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat yang sudah tidak diragukan lagi. Tak lepas juga dari kiprah dosen teknik sipil UBL di dunia jasa konstruksi di lampung dan nasional baik keterlibatan pembangunan, asosiasi jasa konstruksi, dan laboratorium,” Pungkasnya. (BMHK/RTS)

 

iklan