Makanan Sehat dan Begizi

Bagi kalangan anak kuliah yang bertempat tinggal di kos, menyimpan makanan merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga kualitas dari makanan yang akan dikonsumsi baik untuk sarapan maupun untuk makan di malam hari. Beberapa makanan yang dapat disimpan tanpa memerlukan sebuah kulkas seperti ayam, daging, sayur-sayuran, susu dan mentega. Beragam jenis bahan makanan ini yang paling sering dikonsumsi oleh mahasiswa di Indonesia.

  1. Daging dan Ayam

Pada jenis bahan makanan ini,  terdapat satu hal yang perlu diperhatikan, kadar air didalamnya. Kenapa ? kadar air dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri sehingga mempercepat pembusukan pada daging. Cara yang paling efektif untuk menjaga daging dan ayam dari serangan bakteri, dengan cara direbus, kemudian disimpan dalam mangkuk yang ditutup oleh kain katun yang tipis.

  1. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran dapat dilayukan di bawah sinar matahari, hal ini dapat membuatnya menjadi tahan lama. Pada jenis kentang dan wortel baik untuk dikonsumsi tanpa kulkas antara 3–5 hari. Bagi kalian anak kos yang menyukai sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung belilah yang masih memiliki akar sehingga akar dari sayur-sayuran dapat direndam dalam wadah yang berisi air.

  1. Susu

Hampir setiap mahasiswa menyukai susu, susu merupakan minuman yang bergizi tinggi dan dapat membantu pertumbuhan. Susu merupakan sebuah produk yang paling mudah terkontaminasi sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi. Salah satu caranya dengan membeli susu Ultra High Temperature (UHT) dan diusahakan setiap membeli susu, hanya untuk sekali konsumsi pada satu hari, sehingga kadar gizinya tetap terjaga.

  1. Mentega

Sarapan pagi yang cepat dan instan menjadi gaya hidup seperti sekarang, tidak menutup kemungkinan mahasiswa pun melakukan hal yang sama. Mentega menjadi salah satu teman dalam mengkonsumsi sebuah roti ketika sarapan di pagi hari. Salah satu cara menjaga mentega tetap baik untuk dikonsumsi dapat dilakukan dengan cara seperti pindahkan ketempat atau wadah yang bersih dan tertutup, bungkus dengan plastik dan rendam dalam air dingin sehingga mentega tidak leleh.

iklan