Dirgahayu-HUT-RI

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-70 tahun! Sekali merdeka tetap merdeka!!!

Tanggal 17 Agustus kemarin merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana Indonesia dapat meraih kemerdekaannya.Taruhan nyawa para pejuang demi memerdekakan Indonesia menjadi saksi bagaimana sulitnya menjadi Negara yang merdeka.

Tujuh puluh tahun berlalu, saat ini kehidupan rakyat yang merdeka belum bisa merasakan sejatinya arti merdeka itu sendiri. Masih banyak rakyat yang dikekang kebebasannya dan dirampas keadliannya. Berjayanya Indonesia rupanya tak menunjukkan berjayanya rakyat Indonesia. Berbagai konflik terjadi antar suku maupun antarumat beragama. Seperti yang terjadi belum lama ini di Daerah lampung Selatan, antara suku Bali dan Suku Lampung.

Amat disayangkan memang, peperangan antarsaudara mengakibatkan korban jiwa berjatuhan dan kerugian yangn tak terhingga. Para pejuang yang dahulu melawan para penjajah demi meraih kemerdekaan, saat ini dengan mudahnya kita saling berperang menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia.

Toleransi, satu hal yang perlu kita jaga dan terus kita implementasikan. Tak hanya itu, saling menghargai dan menghormati agar terjalin persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak terjadi perpecahan.

Daripada kita sibuk berpecah belah, lebih baik kita bebenah diri untuk bisa menjadi rakyat Indonesia yang produktif. Seperti dalam kutipan “Jangan tanyakan apa yang telah Negara berikan kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang telah kamu berikan untuk Negara.”

iklan