Cara-Mudah-untuk-Menjaga-Kesehatan-Mata-oleh-SegiEmpat

Mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Karena tanpanya, kita tidak bisa melihat apapun. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang diklaim mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Apa saja?

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur. Cara mengonsumsi yang paling baik adalah direbus atau dibuat salad.

2. Buah
Retina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.

Vitamin A juga bisa ditemukan di dalam keju, telur, minyak ikan, susu, dan yoghurt. Asupan yang disarankan dalam sehari adalah 0.8 miligram. Selain itu, jeruk dan paprika merah juga mengandung zeaxanthin, yaitu pigmen yang ditemukan dengan konsentrat tinggi pada retina mata yang dapat membantu fungsi kesehatan.

3. Daging, Kacang, dan Biji-bijian
Zinc adalah satu-satunya mineral yang diklaim memiliki fungsi kesehatan di Eropa. Setelah dilakukan uji coba ilmiah, para ilmuwan mengatakan bahwa mineral tersebut bagus untuk kesehatan mata. Zinc banyak ditemukan di ayam kalkun, kepiting, tiram, dan ikan sarden. Selain itu, kacang mete dan gandum juga mengandung zinc.

4. Bluberry
Blueberry dan blackberry mengandung pigmen yang dapat melindungi sel-sel retina dari kerusakan yang disebabkan oleh cahaya, dan munculnya pembuluh darah kecil di bagian mata akibat diabetes. Riset terbaru menunjukan bahwa pigmen tersebut dapat memperlambat proses penuaan dan munculnya penyakit katarak. Tetapi hal ini masih diragukan validitasnya dan perlu penelitian lebih lanjut.

5. Ikan
Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega tiga berfungsi untuk menormalkan sel-sel retina yang lemah. Upayakan untuk menyantap sedikitnya satu porsi setiap minggunya, demi melengkapi kebutuhan asam lemak omega tiga agar mata tetap sehat.

sumber : Wolipop.detik.com

foto : segiempat.com

iklan