tired-worker-1024x1024

Kelelahan merupakan hal yang sering terjadi setelah melakukan beragam aktivitas. Khususnya untuk mahasiswa, berbagai faktor seperti pekerjaan paruh waktu, kurangnya waktu tidur, kemacetan ketika akan menuju kampus dapat membuat tubuh merasa sangat lelah. Ketika rasa lelah  sudah dirasakan banyak sekali kalangan mahasiswa yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, ternyata mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis hanya menambah rasa lelah karena kadar glukosa dalam darah yang berfluktuasi dengan cepat.

Bagi kalangan mahasiswa, jika sudah merasakan lelah yang sangat berlebih dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan mengurangi menkonsumsi kafein. Kemudian jangan lupa untuk berolahraga, olahraga tidak akan menambah rasa lelah melainkan menambah energi.

Dari berbagai faktor diatas, selain kurangnya waktu tidur dan faktor pekerjaan yang dijalani, rasa lelah juga dapat ditimbulkan oleh masalah kesehatan.

  1. Anemia

Anemia menjadi penyebab paling sering ditemui dari kelelahan dan sangat mudah dicek dengan tes darah sederhana. Menyembuhkan Anemia dapat dilakukan dengan mengkonnsumsi makanan kaya zat besi, mengonsumsi daging serta sayur daun hijau. Konsumsi suplemen dapat diberikan bila mengalami defisiensi besi kronis.

  1. Mengalami sleep apnea

Sleep apnea merupakan gejala rasa lelah dan sering mengantuk di siang hari, bisa merujuk pada kemungkinan gangguan tidur. Kalau anda mendengkur, ada baiknya dilakukan tes tidur untuk mengetahui kemungkinan sleep apnea. Sleep apnea adalah henti napas yang terjadi saat tidur.

  1. Depresi

Depresi dapat menyebabkan hilangnya gairah dalam menjalani hidup. Hilangnya nafsu makan, rasa bersedih yang berlebih, dan tidak bisa merasakan kesenangan terhadap kegiatan atau rutinitas yang biasa dijalani. Depresi jangan dibiarkan begitu saja, harus segera berkonsultasi dengan dokter sehingga semakin dini penanganan depresi, kemungkinan pemulihan secara menyeluruh bisa didapatkan.

iklan