090549_dietgemuk

Sarapan tidak hanya bermanfaat untuk mengasup tubuh dengan cukup energi di pagi hari, setelah semalaman ‘berpuasa’ karena tidur. Makan pagi juga diperlukan untuk mendukung program penurunan berat badan karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh, membakar kalori dan agar tidak kalap saat makan siang.

Hasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali lebih berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sementara itu American Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan.

Namun untuk bisa turunkan berat badan secara efektif, cara dan apa yang Anda makan saat sarapan juga tak kalah penting. Sarapan makanan berlemak tinggi atau sekaligus banyak tentu saja bukan cara yang tepat bahkan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Lalu, bagaimana sebaiknya mengawali hari dengan sarapan?

1. Makan Satu Jam Setelah Bangun Tidur
Langkah pertama, Anda harus mengatur waktu sarapan yang tepat. Makanlah satu jam setelah bangun tidur untuk menjaga ritme sirkadian (siklus 24 jam dalam proses fisiologis untuk menentukan pola tidur dan pola makan) serta lebih cepat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Ada baiknya diawali dengan minum air hangat yang diberi perasan jeruk lemon. Kombinasi ini akan menimbulkan efek ‘listrik’ sehingga tubuh terasa lebih segar dan bersemangat. Lemon juga merupakan tonik bagi liver yang akan membantu detoks racun dari tubuh lebih baik.

2. Makan Protein 
Pilihlah makanan yang tinggi protein seperti telur dan gandum. Makanan tersebut tidak hanya rendah kalori, tapi juga memberikan ekstra energi agar bersemangat pada pagi hari serta membantu Anda supaya tidak berlebihan saat makan siang. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, seperti pancake atau roti dengan selai jeli. Karbohidrat sederhana dan gula akan membuat gula darah cepat naik tapi cepat juga turunnya sehingga tubuh terasa lemas dan tak bersemangat.

3. Perbanyak Serat
Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan yang membuat Anda kenyang sehingga tidak ingin melahap makanan berkalori tinggi. Untuk makan pagi, konsumsilah sedikitnya 8 gram serat. Bila Anda punya waktu lebih sebelum berangkat ke kantor, cobalah membuat sarapan yang mengandung 10 gram serat dan bebas gluten, seperti bubur semangkuk oatmeal atau satu cup buah-buahan potong. Buah yang dipilih sebaiknya yang berair, berserat dan matang.

sumber : Wolipop

iklan