OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bukan hanya orang Italia yang punya kuliner spaghetti. Suku Batak di negeri ini juga punya yang namanya spaghetti, namanya Mie Gomak. Wah, ternyata suku Batak gak mau kalah dengan kulinernya.  Mie gomak merupakan salah satu makanan khas daerah Sumatera Utara khususnya di daerah Tapanuli Utara dan Pematang Siantar. Dikatakan spaghetti, karena mie gomak ini bentuknya seperti lidi dengan diameter yang lurus dan lebih lebar.

Proses penyajiannya juga cukup mudah, hanya dengan direbus kemudian disaring agar air terpisah dari mie. Setelah dimasak. teksturnya lebih panjang, kenyal, dan mudah digigit. Bumbu yang digunakan juga bermacam-macam tergantung selera si pembuat. Tapi biasanya, mie gomak selalu diberi kuah yang terbuat dari santan yang sudah dicampur dengan bumbu atau rempah-rempah sehingga menyerupai gulai.

Namun, ada satu hal yang membuat mie gomak menjadi sangat khas dengan rasa pedasnya, yaitu andaliman. Salah satu rempah yang digunakan sebagai bumbu masaknya. Andaliman hanya terdapat di daerah Sumatera Utara. Rempah yang satu ini mampu membuat lidah bergetar ketika menyantap mie gomak. Kalau soal rasa, mie gomak mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya. Sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan dan disantap ketika musim dingin. Karena mie gomak biasanya pedas, menghangatkan badan, dan sangat mengenyangkan.

Penasaran dengan mie gomak alias spaghetti Batak? Di Lampung sendiri, Anda dapat menemukannya di daerah yang memiliki banyak masyarakat Batak, seperti daerah Panjang dan Bandar Jaya. Atau mungkin Anda ingin mencoba memasak di rumah dengan kreasi sendiri? Selamat mencoba. J (rep: PM)

Foto by http://satyawinnie.blogspot.com/2012/12/mi-gomak-mie-kuning-kuah-kacang.html

iklan