Halo sahabat rotasi, wah..anak magang comeback nih. Bukan mahasiswa akhir kalau nggak mengenal kata “MAGANG”. Apa itu magang? Ntar deh, kalau udah mahasiswa akhir pasti ngrasain yang namanya magang. Kali ini rotasi bakal sharing tentang pengalaman magang yang dilakukan oleh kakak tingkat kita yang sedang menempuh semester akhir. Sharing ini nggak bersifat formal kok, kita bisa seru-seruan bareng disini.

IMG_2193
Cerita magang kita kali ini berasal dari Erni Nur Kholiyani. Biasa dipanggil Erni. Tapi lebih dikenal dengan Andreanyta Erni sebagai penulis di ..entah mana saja, nggak bisa disebutin satu persatu. Erni berkesempatan magang di Jawa Power di bagian External Relation Section di PT. Jawa Power – PT. YTL Jawa Timur. Yuk, Simak pengalamannya magangnya pada periode akhir Juni-September 2015.

Apa yang membuat saya tertarik magang di PT. Jawa Power-PT. YTL Jawa Timur?

1. Pertama, karena lokasinya yg masih satu kota dengan kota tempat saya tinggal, jadi nggak perlu kost dan keluar uang untuk makan dan transport..hahaha
2. Lingkungan yang non corporate banget. Disini lingkungannya nggak ada istilah pimpinan yang bossy. Pimpinan di Jawa Power sangat anak muda banget dan welcome banget terhadap anak magang dan bisa seru-seruan bareng.
3. Perusahaan yang berskala multinasional. Orang-orang Jawa Power adalah mereka yang memang ahli di bidang mereka dan wajib menguasai bahasa inggris. Yah..ehm, sedkit bangga kan bisa satu kantor dengan orang-orang hebat?

#abaikan muka yang sok serius. Fokus sama topik rapatnya

4. Ada target yang di capai setiap harinya. Jujur selama magang, setiap hari ada progress yang saya dapat. Seperti bagaiman sih CSR jika di aplikasikan sebenarnya ke masyarakat? dan Mempertahankan eksistensi suatu perusahaan dengan real. 
5. Terakhir nih surplusnya ya enak banget. Ssst…maksudnya fasilitasnya yang enak banget. Free wifi , koneksi cepat dan dhasyat. Makan siang yang setara dengan menu para direksi. Dan untuk masalah fee, rahasia dong..
Sebenarnya berat banget ninggalin kegiatan magang ini. Bisa nggak hanya laporan magang dibuat Tugas Akhir, nggak perlu skripsi? Eaaa….maunya.

Nah, kali ini saya akan sharing tentang pengalaman magang di PT. Jawa Power- PT. YTL Jawa Timur. Nah lho? Ini bagaimana ceritanya bisa magang di dua tempat?  kenalan dulu yuk,

Paiton-3-ed

Jawa Power adalah perusahaan listrik terbesar di Pulau Jawa. Kepemilikan saham PT. Jawa Power terdiri dari 50% Siemens, 35% PT. YTL Jawa Timur dan Marubeni Corporation dan 15% milik PT. Bumipertiwi Tatapradipta Indonesia (15%). Nah, di bawah Jawa Power berdiri satu unit perusahaan. Salah satunya unit 5&6 yang berdiri perusahaan PT. YTL Jawa Timur ini adalah PMA (Perusahaan Modal Asing) milik Malaysia. Sebagai salah satu operator listrik bagian dari Jawa Power, tentu PT. YTL Jawa Timur mempunyai peran yang cukup besar dalam memasok listrik ke PLN. Batu bara adalah komponen utama dalam proses produksi perusahaan ini. Nggak kebayang kan kalau perusahaan ini tiba-tiba ada problem? Listrik s-Jawa dan Bali akan padam seketika. PT. YTL yang berada di kompleks PLTU Paiton- Probolonggo Jawa Timur ini berada di tepi laut atau tepatnya di pantai pantura.

Okay, sekarang mungkin teman-teman bertanya, lalu magang di PT. YTL Jawa Timur segi komunikasinya dimana? Mengingat perusahaan tersebut adalah perusahana listrik.

IMG_1985
Kegiatan CSR ‘Pasar Murah” Selama Ramadhan

Okay, dalam ilmu komunikasi, kita pasti mengenal  Corporate Social Responsibilty (CSR) bukan? Bagi yang belum tahu apa itu CSR silahkan buka bukunya dan search di om google. Perusahaan besar seperti  PT. YTL  Jawa Timur tentu memiliki dana CSR yang besar juga. Terhitung setiap tahunnya perusahaan menganggarkan dana kurang lebih 1,5 M per tahun untuk kegiatan ini dan nilai ini berubah mengikuti kurs rupiah setiap tahunnya. Adapun program CSR PT. YTL terdiri 7 program , yaitu:

Program Biogas
Program Mikro Hidro
Program Pendidikan
Program Konservasi Alam

100_2352
Konservasi Alam Melalui Penanaman Cemara di Sekitar Pantai

Program Ekonomi Koperasi
Program Lampu Tenaga Surya
Program Kesehatan

Kegiatan apa saja yang dilakukan selama magang?

Magang dalam bidang external relation section secara otomatis membuat saya harus lebih dekat dengan masyarakat. Salah satu project besar yang kita laksanakan adalah IKM (Indeks kepuasan Masyarakat). Sebuah penelitian untuk mengukur sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap bantun yang diberikan oleh YTL Jawa Timur. Asyiknya dari penelitian ini kita bekerja secara teamwork, tapi bukan tim yang mendampingi anak magang bukan dari orang perusahan. Melainkan dari orang di luar perusahaan. Tujuannya apa? nggak lain adalah untuk mengukur sejauh mana independensi masyarakat penerima CSR.

IMG_0704
Survey IKM Program Kesehatan

Selama seminggu penuh kita turun dari desa ke desa dan dari gunung ke gunung. Nah lho kok ke Gunung? Karena desa berada di daerah pegunungan. Desa-desa di gunung ini merupakan ssasaran program Mikrohidro, sebuah program pemanfaatan air guna menghasilkan listrik. Wilayahnya yang pelosok sangat sukar untuk dijangkau PLN. Atas kesempatan tersebut, PT. YTL Jawa Timur berinsiatif untuk mengalirkan listrik melalui program mikrohidro. Selain itu ada Program biogas yang memanfaatkan limbah kotoran sapi untuk bahan bakar gas. Jadi, untuk rumah tangga ekonomi ke bawah bisa memnafaatkan limbah tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli gas. Setelah seminggu berkutat di lapangan, kemudaian kita mulai menyusun annual report dan pengumpulan data-data.

At the last meeting and sweetest, para anak magang punya kesempatan presentasi di depan seluruh direksi tentang hasil survey kita selama sebulan dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap program CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Sayang fotonya masih di pak manager, jadi belum bisa di upload disini. heuheuu

Kesimpulan yang bisa di dapat dari magang ini adalah :

1.  Praktek itu jauh lebih bermakna daripada sekedar teori. Okelah, di bangku perkuliahan kita bla..bla..bla …tentang CSR, CSR seharus begini , begitu . Akan tetapi kenyatannya? Yah..hanya saya sendiri yang merasakan atmosfernya.
2. Keberadaan suatu perusahaan di lingkungan harus menunjang masyarakat sekitar, bukan hanya sekedar mengutamakan profit. Jika masyarakat senang dengan adanya perusahaan tersebut, secara otomatis kita memiliki legalitas dari masyarakat.
3. Kita harus bisa melihat situasi masyarakat. Ada masyarakat yang mengutamakan finansial dan ada juga masyarakat yang berpikiran terbuka. Masyarakat yang saya temui, umum lebih menguatamakan finansial. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi PT. Jawa Power-PT. YTL Jawa Timur untuk membangun kemandirian masyarakat. Bukan hanya sekedar memberi bantuan.

CIMG5232
Penelitian nggak harus selalu serius bukan?

4. Lingkungan kerja itu layaknya kita bermain. Kalau lingkungan kita dibuat senyaman mungkin, maka sekitar kita akan terus mendukung untuk berkembang. Namun, sebaliknya, jika lingkungan kita bossy- maka kita nggak ada bedanya dngan budak yang hanya bisa iperintah.
Ini urusan yang sensitif banget. Setiap kerja keras patut dihargai. Setiap orang yang punya potensi disini pasti ada nilai surplusnya, nggak sekedar ucapan terima kasih dan selamat, tapi juga berupa hadiah dan penghargaan. dan terakhirr..bisa jalan-jalan gratis 😀 #okayyanginiabaikan

Commercial Break :

Kamu bisa mengetahui infomasinya via www.jawapower.co.id jangan kaget kalau informasinya disana menggunakan bahasa inggris semua ya…selamat memahami, ahhaaha

DSC_0412ed

Best Regards,
Erni – Mahasiswa tingkat akhir yang berkutat dengan LDR ( Lelah Di Revisi)

iklan