2019-11-30-12-47-27

Gelar Karya Arsitektur (GARASI) 4.O kembali diadakan secara meriah setelah sebelumnya sempat vakum tahun 2018. Acara tahunan ini diadakan selama 3 hari, mulai dari 25 s/d 27 November 2019. Hari pertama merupakan Seminar Nasional mengenai Peran Material Bambu di Dalam Menghadapi Era 4.O yang dilaksanakan di Aula M Kampus B. Hari kedua merupakan workshop yang diadakan di halaman parkir gedung C Kampus A dengan mengangkat tema Bamboo Sculpture. Dan hari terakhir merupakan acara puncak yang juga diadakan di halaman parkir Gedung C Kampus A, yaitu pemaran hasil karya mahasiswa Teknik Arsitektur UBL serta hasil karya dari Semnas dan Workshop.

Kegiatan yang mengundang pemateri dari Bali, kontraktor, dan juga KBN (Komunitas Bambu Nusantara) Lampung ini disambut dengan antusias oleh mahasiswa UBL, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti semnas dan workshop. Selain itu juga saat pameran, pengunjung pun tak henti-hentinya berdatangan baik dari mahasiswa UBL ataupun dari kampus lain.

GARASI 4.O ini bertujuan untuk lebih mengenalkan material bambu sebagai produk lokal yang tidak kalah eksis dari produk impor pada kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum di era yang serba praktis ini. Selain itu juga diharapkan bambu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa menjadi penunjang perekonomian masyarakat saat ini, karena kegunaan bambu sendiri sangatlah banyak. Selain dapat digunakan sebagai material, bambu juga dapat diolah menjadi sabun mandi, pembersih dapur, pembersih karat dsb.

Setelah digunakan untuk pameran, karya-karya dari bambu ini tentunya tidak akan dibuang begitu saja. Sebagian akan disimpan dan ada juga yang akan dijadikan icon dan monumen di depan studio arsitektur UBL.

“apa yang kita buat dikegiatan hari ini semoga bermanfaat buat kawan-kawan atau temen-temen yang sudah mengikuti workshop kemarin, semoga ilmu dari apa yang kita adakan itu bisa diserap sama temen-temen semua,” tutup Hapipa Parawansyah (Ars 16) selaku ketua pelaksana. (II)

iklan