Sekda lampung
Pembukaan acara CSR PLN

PT PLN Persero bekerja sama dengan Universitas Bandar Lampung dan Fakultas Pertanian UNILA menggelar acara temu usaha BUMP (Badan Usah Milik Petani) Provinsi Lampung yang bertajuk “ Melalui Temu Usaha Kita Tingkatkan Kemitraan Yang Menguntungkan Antara Pelaku Utama Dan Pelaku Usaha” di Desa Sinar Harapan, Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandar Lampung, Rabu (4/11). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari para petani, pengusaha swasta, Sekretaris Daerah Lampung, Perwakilan Walikota Bandar Lampung, Rektor UBL, Dekan FP UNILA, kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, dan pihak dari Perbankan.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Lampung Arinal Djunaidi. “BUMP harus bisa menjadi lembaga yang mandiri. Namun juga harus diberi perhatian dan bantuan dari para pengusaha maupun akademisi perguruan tinggi. Saya mengapresiasi pihak dari UBL dan FP UNILA yang telah memfasilitasi para petani dalam usahanya. Adanya kegiatan temu usaha ini, dapat sangat membantu para petani dalam meningkatkan usaha mereka dengan bantuan dari para pengusaha swasta maupun perbankan. Oleh karena itu, BUMP diharapkan dapat mensejahterakan para petani kecil.” ungkap Arinal.

Hal serupa diungkapkan oleh Dr. V. Saptarini, M.M. selaku Ketua Pusat Penelitian Studi CSR UBL. “CSR ini kegiatan yang melibatkan petani dan para stake holder. Oleh karena itu, acara ini mengajak para pengusaha untuk memberikan win-win solution kepada para petani,” jelasnya.

Processed with VSCO
Penandatanganan MOU pengusaha dan Petani

 

Sementara itu, Rektor UBL Dr.Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A. dalam wawancaranya mengatakan,” Masalah yang dihadapi para petani ada 2 hal, yaitu produktivitas rendah dan market efesiensi yang rendah. Oleh karena itu, UBL berkontribusi dalam pengadaan penyuluhan dan pembinaan para petani dalam membentuk lembaga pemasaran yang akan mempertemukan antara pelaku utama dan pelaku usaha dengan tujuan untuk memperoleh harga yang fair antara kedua belah pihak.”

Selain itu, ada juga simulasi lelang produk BUMP berupa susu kambing, olahan jamur, kopi, kerajinan tangan, telur asin, beras, abon, dan pupuk organik sebagai rangkaian kegiatan pada acara ini. Yang mana dalam slelang tersebut menawarkan para pengusaha untuk dapat bekerja sama dengan para petani.(Rep: DR)

iklan