Peserta Workshop bersama Pemateri
Peserta Workshop bersama Pemateri

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung bekerja sama dengan Aliansi Pers Mahasiswa (APM) Lampung menggelar workshop bertajuk “ Menjadi Jurnalis di Era Multimedia”, di Rumah Albi Wayhalim, Sabtu (22/8).

Acara dibuka oleh Ketua AJI Bandar Lampung, Yoso Muliawan. “ Tujuan dari acara ini adalah untuk merefresh kembali bagaimana menjadi jurnalis yang bekerja di media professional dalam memanfaatkan media online untuk menyampaikan informasi serta merelaunching Sekolah Jurnalistik yang dahulu pernah ada namun sempat terhenti,” ujar Yoso.

Workshop diisi oleh pembicara dari Kompas, Angger Putranto. Menurut Angger,” wartawan harus mampu membuat berita dengan judul yang bombastis agar mendapat perhatian dari para viewer. Karena di media online, judul merupakan hal yang sangat penting. Namumn, perlu diperhatikan juga akurasinya.”

Tak hanya itu, Angger juga menjelaskan tentang bagaimana membuat berita dalam bentuk cetak, online, video, foto, maupun radio dan teknik pengambilan video dengan satu kamera yang memungkinkan wartawan untuk menguploadnya di media online.

Menurut Shintia salah satu peserta workshop acara ini sangat menarik dan perlu diadakan secara continue. “Acaranya seru, pembicaranya juga keren. Semoga kedepannya AJI bisa mengadakan kegiatan seperti ini lagi dengan tema yang lebih menarik,” ujarnya. (rotasinews, DR)

iklan