IMG_6219-min

Pada Minggu, 15 Oktober 2017, bertempat di halaman unit processing bank sampah Komunitas Peduli Sampah Lampung, Ristekdikti melalui Universitas Bandar Lampung telah dilaksanakan Sosialisasi Kegiatan Diseminasi Teknologi ke Masyarakat dan Sosialisasi Program Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan keputusan Ristekdikti dan dalam rangka penerapan tri dharma perguruan tinggi Universitas Bandar Lampung. acara ini dihadiri pula wakil komisi X DPR RI, Dosen Universitas Bandar Lampung, DPRD Kabupaten Lampung Timur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup permukiman dan pertanahan Lampung Timur, Dinas Kesehatan Lampung Timur, Camat Purbolinggo, dan Kepala Desa Tanjung Kesuma, serta masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan bank sampah.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan dialog publik yang diselenggarakan melalui kerjasama antara LPPM Universitas Bandar Lampung dan Komunitas Peduli Sampah Lampung dengan mengangkat tema penerapan teknologi tepat guna pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat. Dialog publik ini mengadirkan pembicara dari ristekdikti dan universitas Bandar lampung yang diwakilkan kepada Dr. Budhi Waskito, M.Sc, Ir. Dwita Ria Gunadi selaku wakil Komisi X DPR RI, Purwianto perwakilan dari DPRD Kabupaten Lampung Timur, serta Wahyu Utama dari Kasi Persampahan DLHPP. Dialog publik ini juga memberikan pengarahan dan sosialisasi mengenai pengolahan sampah menggunakan teknologi terbaru.

Wahyu Utama dari Kasi Persampahan DLHPP dalam dialog menyampaikan bahwa, “Bank sampah yang ada di desa tanjung kesuma ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya, karena sudah banyak UKM dan Koperasi yang melirik”. Dr. Budhi Waskito, M.Sc juga menambahkan, “Masih perlu adanya sinergitas antara Ristekdikti melalui Universitas Bandar Lampung dengan masyarakat sekitar, komunitas peduli sampah, DPRD dan pemerintah setempat. Sinergitas ini sangat penting bagi kelangsungan pengelolaan sampah di komunitas peduli sampah ini”.

“Saya sangat menyambut dengan baik sekali dengan adanya kegiatas pengelolaan sampah ini. Pengelolaan bank sampah yang berdampak positif terhadap kebersihan dan juga pada perekonomian masyarakat. Kami dari komisi X siap untuk mendukung dan membantu agar kegiatan ini terlaksana secara terus menerus. Saya juga mengucapjkan terimakasih banyak kepada ristekdikti melalui Universitas Bandar Lampung yang sudah banyak membantu dan memberikan alat pengeringan sampah yang sangat berguna bagi komunitas peduli sampah”. Ungkap Ir. Dwita Ria Gunadi selaku wakil  Komisi X DPR RI saat ditemui dipelataran unit processing bank sampah komunitas peduli sampah Lampung. “Universitas Bandar Lampung merupakan universitas swasta yang sangat peduli terhadap masyarakat di lampung. Mudah-mudahan komunikasi ini pintu pertama untuk kita terus bersinergi. Saya selaku wakil komisi X DPR RI yang juga membidangi dikti kita bisa terus berkoordinasi, berkomunikasi yang intensif dan selalu bersinergi.” Imbuhnya. (DN)

iklan