voice of student

-Rotasi- Hukum memiliki peranan yang strategis dalam stabilitas suatu bangsa. Tanpa hukum, suatu negara tak akan berjalan karena tidak memiliki ikatan hukum yang mampu mengatur segala aspek. Begitupula hukum di Indonesia yang tidak lagi sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Menurut Reno ART Simamora, mahasiswa Fakultas Hukum konsentrasi Hukum Tata Negara UBL, sistem hukum di Indonesia harus diperkuat kembali dan harus kembali ke jalurnnya. “Sistem hukum di Indonesia saat ini lemah, sehingga sistem hukum di Indonesia harus kembali berpedoman pada UU 45 dan Pancasila.Lemahnya hukum ini bisa dilihat dari budaya korupsi di Indonesia kini seakan telah menjadi tradisi. Korupsi dengan mudahnya merajalela sehingga Indonesia menjadi negara terkorup di dunia,” jelas Reno.

Kondisi kian diperparah dengan lemahnya sistem peradilan di Indonesia. Peradilan yang dirasa tidak adil lagi. Apalagi jika dikaitkan dengan para petinggi yang tersandung masalah. Mereka yang salah terkadang bisa melenggang bebas tanpa rasa bersalah. Akan tetapi akan sangat miris apabila kita melihat, masyarakat miskin yang dihukum hingga puluhan tahun hanya karena kesalahan yang tidak sesuai dengan perbuatannya

Ditambahkan Reno, sebagai mahasiswa, kita harus kritis terhadap hukum. Mengingat hukum di Indonesia, sesuai realitanya lebih berpihak pada kaum penguasa. “Sebagai tugas kita, generasi penerus bangsa untuk membenahi karakter hukum yang lebih baik”pungkasnya. (rep: ER & PM /ed: )

iklan