peta indonesia-ilustrasiTahun 2012 memang telah berlalu dan berganti tahun 2013.Beragam peristiwa menarik berhasil kami himpun sebagai prestasi di tahun 2012. Bidang pendidikan sengaja kami pilih sebagai flash back dalam Rotasi kali ini. Sepanjang tahun 2012 berbagai prestasi diraih oleh anak-anak bangsa dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. Dimulai dari, SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo yang mampu memproduksi mobil rakitan hasil anak-anak SMK yang diberi nama Esemka Rajawali. Produksi mobil hasil anak bangsa bisa yang tak kalah dengan mobil pabrikan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga memiliki kemampuan dan kecapakan dalam memproduksi mobil sendiri.

Selain itu,  2 (dua) karya invensi remaja Indonesia meraih medali emas dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) Ke-12 yang diselenggarakan pada 28 – 30 Juni 2012 di Bangkok International Trade and Exhibition Center, Thailand. Kedua karya invensi tersebut adalah Water-coated Helmet karya dari Linus Nara Pradhana, siswa kelas 1 SMP Petra Surabaya dan Carbofil Application for Carbon-Oxygen Separation in Smoking Room karya dari Hermawan Maulana dan Zihramna Afdi, siswa kelas 2 SMA Negeri 3 Semarang.

Dalam bidang ilmu matematika, Tim Matematika Indonesia berhasil meraih  tiga medali perak, dua medali perunggu, dan tiga honorable mention. dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2012 di ajang ke-19 International Mathematics Competition (IMC) di Blageovgrad, Bulgaria, awal Agustus silam. Sedangkan, di ajang Olimpiade Sains internasional.mahasiswa Indonesia juga semakin membanggakan. Sebanyak tujuh siswa Indonesia berhasil meraih 3 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu di International Zhautykov Olympiad on Mathematics, Physics and Computer Science ke-8 pada 15-21 Januari 2012 di Almaty, Kazakhstan. Olimpiade ini diikuti 343 peserta dari 54 tim yang berasal dari 18 negara. Tak kalah penting, salah satu mahasiswa Indonesia mengukir prestasi internasional di Amerika Serikat. Ali Khumaeni, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktor di University of Fukui Jepang, meraih FACSS student award dalam pertemuan ilmiah tingkat Internasional, The Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), yang diselenggarakan di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 30 September-05 Oktober 2012 lalu. Semoga di tahun 2013 semakin banyak torehan prestasi anak bangsa dan semakin maju juga pendidikan di indonesia. (rep: Ay/ed: Er)

iklan