1494846386212Secara yuridis Pancasila adalah dasar hukum tertinggi Negara Indonesia, nilai-nilai yang terkandung di dalam rumusan pancasila mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila pertamakali diungkapkan Bung Karno dalam pidatonya di sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai dasar Negara Indonesia, dalam pidatonya Bung Karno berkata alangkah banyak Agama di sini, alangkah banyak suku disini bagaimana mempersatukan banyak aliran-aliran, suku, agama, dan lain-lainnya. Pancasila adalah jawaban bagaimana Bangsa Indonesia harus memiliki satu pijakan dasar negara yang dapat membungkus keberagaman menjadi satu. Sebagai mahasiswa yang mempunyai rasa intelektual yang besar harus dapat mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Universitas juga sering disebut miniatur negara yang memiliki keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide penuh kreatif. Mahasiswa sebagai elemen didalamnya tidak hanya dituntut untuk pandai dan mampu dalam bidang akademik yang di tekuni, namun mahasiswa juga harus mampu membawa perubahan   terhadap masa depan bangsa.

Peringatan hari Pancasila bukan hanya sekedar rutinitas, namun harus menjadi renungan dan koreksi diri kita sudah sejauh mana kita mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, jangan sampai Pancasila hanya dijadikan suatu simbol tanpa adanya tindakan kongkret bagi terwujudnya Masyarakat adil makmur yang berbangsa dan bernegara sesuai dengan apa yang tercantum dalam sila-sila dalam Pancasila.

Marilah kawan-kawan Mahasiswa untuk terus menunaikan tugas suci kita sebagai generasi penerus bangsa, kita juga harus menjadi pelopor pemersatu keberagaman yang sudah menjadi kehendak dan ketentuan Tuhan yang patut kita syukuri. (Rep. IG/Ed. IG)

iklan