Wanita Indonesia

Sepak terjang perempuan Indonesia dari masa ke masa untuk memperjuangkan persamaan derajat telah dimulai sejak era R.A Kartini. Persamaan derajat atau kini dikenal dengan istilah emansipasi merupakan sebuah makna dari perjuangan para perempuan untuk mampu mandiri dan berkarya. Dampak dari emansipasi wanita di era modern seperti sekarang adalah semakin maju dan berkembangnya pola pikir dari perempuan terutama orientasi pemikirannya untuk masa depan. Di Indonesia pun telah banyak tokoh perempuan yang sudah berkiprah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Mulai dari Menteri Luar Negeri Indonesia di era Kabinet Kerja, Retno Marsudi hingga Sri Mulyani Indrawati yang kini menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Perempuan merupakan mahluk yang diciptakan Tuhan dengan sifat lembut dan penuh kasih sayang. Namun, dibalik sisinya yang lembut dan penuh kasih sayang, perempuan juga memiliki sifat tangguh dan pekerja keras sehingga tidak heran jika pola pemikiran yang dimiliki perempuan Indonesia sudah semakin maju dan cerdas. Melalui kecerdasannya, perempuan dapat membawa perubahan dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan. Di era modern ini, peran perempuan dalam pembangunan nasional dapat dilihat dalam bidang ekonomi, politik, hukum, sosial dan budaya.

Salah satu dari peran perempuan yang vital adalah dibidang ekonomi hal ini dapat dilihat dari banyak perempuan yang berkecimpung diranah publik. Keberadaan perempuan di ranah publik tentunya membawa perubahan dalam status sosial di dalam masyarakat. Perubahan status sosial perempuan di era modern ini semakin didukung oleh strata pendidikannya yang kian tinggi dan juga kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi dan tingkat strata pendidikan telah berdampak pada sebuah pola pemikiran dari perempuan yang semakin kritis terutama dalam menyikapi dan memecahkan sebuah permasalahan yang dihadapinya.

Begitu banyaknya partisipasi perempuan dalam proses pembangunan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat. Hal ini merupakan dampak nyata dari emansipasi wanita yang telah membawa perubahan derajat dalam diri seorang perempuan. Perubahan derajat ini pun diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi generasi yang akan datang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal. Kesimpulannya adalah emansipasi wanita yang digerakkan oleh R.A Kartini telah membawa perubahan yang nyata bagi dunia pendidikan, politik, ekonomi, hukum, sosialĀ  dan budaya di Indonesia.

M. Denu Poyo

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBL Semester 6

iklan