bookJudul                : Imaging  Muslim Women in Indonesian Ramadan Soap Operas

Penulis             : Rachmah Ida

Penerbit          : Silkworm Books

Tebal                : xii + 74 halaman

ISBN                 : 978-974-9511-07-7

Busana muslimah, lengkap dengan kerudung, menutup tubuh indah perempuan cantik yang tampil di layar televisi. Mulai dari Anchor, sampai artis-artisnya. Identitas keislaman kental terlihat. Industri mode membawa perempuan tampil gaya dalam balutan tren busana muslimah. Di Indonesia, pemakaian busana muslimah secara signifikan mengalamai peningkatan seiring berkembangnya zaman. Terutama perempuan kelas menengah yang mengerti akan arti trendi. Kerudung modern yang mereka gunakan seakan menjadi simbol transformasi sosial dalam kehidupan Indonesia komtemporer. Tampilan busana muslimah  ini dipengaruhi gaya hidup dan perubahan sosial global.

Islam menjelajah banyak jalan, merasuki, dan memberi cahaya dalam kehidupan muslim sehari-hari. Kebudayaan menjad salah satunya. Melalui tayangan Televisi, kehidupan sosial masyarakat dibentuk, terutama muslim di perkotaan.  Misal, fenomena yang terjadi selama bulan Ramadhan. Riset membuktikan, pada bulan Ramadhan  hampir semua stasiun Televisi nasional menayangkan acara bernuansa religius keislaman. Salah satunya tayangan sinetron. Tayangan fiksi televisi ini seakan memberi gambaran sosok ideal gambaran wanita muslim perkotaan. Latar belakang kehidupan kelas menengah dalam sinetron menjadikan citra masyarakat dari kalangan ini lebih

Secara umum, buku karya  Dra Rachmah Ida, M.A., Ph.D,  Kepala Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Airlangga ini  memaparkan sebuah diskusi mengenai hunbungan antara ide-ide keislaman dan kedudukan wanita dalamIindonesia kontemporer. Kajian diawali dengan sebuah tinjauan literatur mengenai bagaimana Islam memandang perempuan sebagai individu dan  Status perempuan dalam diskursus sosial politik. Sahabat penasaran ?…segera dapatkan di toko buku terdekat. ( Er)

iklan