IMG_1358 Upload

Kunjungan resmi Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II, Prof. Dr. Slamet Widodo M.S., M.M., ke Provinsi Lampung tepatnya di Kampus Universitas Bandar Lampung pada Senin (25/7) kemarin. Pada kesempatan ini, selain untuk melakukan Halal Bihalal namun juga dijadikan ajang untuk sharing informasi seputar permasalahan yang dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta yang berada di lingkup Kopertis Wilayah II.

Dalam kegiatan ini turut hadir para Pimpinan dan Pejabat PTS, Ketua-Pengurus Yayasan, termasuk Ketua-Anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) serta Penasihat Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BMPTSI) cabang Lampung.

Ketua Yayasan Administrasi Lampung, Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., MA.Ec., mengatakan pembinaan oleh Kopertis Wilayah II sudah berjalan baik dalam membantu setiap proses administrasi khususnya untuk jenjang karir dosen sehingga PTS yang ada di Wilayah Kopertis Wilayah II semakin mudah untuk mengukuhkan Guru Besar setiap tahunnya. Andala menambahkan diperlukannya sebuah sinergi antara PTS dan PTN baik yang berada di Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) maupun yang berada di Kementrian Agama. Sinergi yang terjadi antara dua Perguruan Tinggi yang berasal dari dua kementrian ini, mampu menciptakan iklim kompetisi yang sehat sehingga tidak ada lagi diskriminasi.

“Posisi PTS dan PTN sekarang sudah sejajar sehingga tidak ada lagi diskriminasi.  Ketika dua instansi ini mampu bersinergi maka bukan tidak mungkin menjadikan sebuah Provinsi Lampung sebagai Kota Pendidikan” Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kopertis Wilayah II, Prof. Dr. Slamet Widodo M.S., M.M., mengungkapkan dua tugas utama yang harus segera dilaksanakannya ialah meningkatkan nilai akreditasi PTS yang berada di Kopertis Wilayah II menjadi “B” dan pengukuhan Guru Besar di PTS setiap tahunnya. PTS pun harus segera melakukan pengembangan Program Studi di jenjang Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3). Pengembangan program studi ini merupakan indikator dari PTS untuk berkomitmen membenahi pendidikan tinggi baik di Provinsi Lampung maupun di Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

“Prinsip yang harus diterapkan adalah The Education for All. Ketika prinsip ini diterapkan maka telah menandakan apresiasi setiap kegiatan PTS untuk membentuk masyarakat pendidikan tinggi sesuai dengan cita cita Founding Fathers mencerdaskan kehidupan bangsa dan tentunya di jalankan dengan pengawasan, pengendalian dan pembinaan.  Jadi, mari kita bekerja keras, sungguh-sungguh, tuntas dan ikhlas untuk kualitas Perguruan Tinggi kita,” Pungkasnya. (Rep. AX/Ed. AX)

iklan