idrus

Bekerja sebagai cleaning service mungkin bukan pilihan pekerjaaan yang diinginkan oleh banyak orang. Lantaran pekerjaan ini tergolong pekerjaan yang berat serta membutuhkan tenaga ekstra. Namun tidak bagi Muhammad Idrus atau atau akrab disapa Idrus. Pria kelahiran tahun 1991 silam ini, harus rela bekerja sebagai tenaga cleaning service sambil menyelesaikan kuliahnya yang kini masuk semester 5 di Fakultas FISIP Program Studi Administrasi Negara UBL. Ini semua dia lakukan untuk merubah nasib dan mengejar cita-citanya yakni sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Ditemui tim Rotasi, Idrus menceritakan awal mula keinginannya kuliah di UBL. Setelah menimba ilmu di bangku sekolah SMK, Ia termotivasi untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. Namun kuliah yang diambil bukanlah program reguler melainkan kuliah malam hari (Executive Development Programme). Ini tak lain karena dari pagi sampe sore hari dia harus bekerja. “Tahun 2009 saya mulai bekerja di Universitas Bandar Lampung sehingga pada tahun 2010 saya dapat berkuliah dan membiayai kuliah saya sendiri di UBL ini “ paparnya.

Rasa malu pun harus dibuang jauh-jauh dalam diri Idrus.  Karena rasa malu menurutnya tak akan menyelesaikan masalah. Dengan bekerja dan kuliah, Idrus pun memiliki mental yang kuat dalam menjalani kehidupannya. Bahkan Idrus pun tak pernah merasa minder dengan pekerjaanya sebagai cleaning service tetapi justru Ia menjalani kehidupan ini dengan penuh keyakinan karena Ia beranggapan masa depannya berada di tangannya sendiri bukan di tangan orang lain.

Karena pekerjaanya sebagai cleaning service yang harus bekerja dari pagi hingga sore hari. Idruspun harus pandai-pandai membagi waktu dala dan menjaga semangatnya agar saat kuliah malam hari ini semangatnya masih tetap ada. ‘’  Saya harus tetap semangat dan gakboleh loyo. Cita-cita saya sudah ada di depan mata. Saya tidak akan menyia-yiakan waktu yang ada ini,’’ ungkap Idrus.

Laki-laki kelahiran 31 Mei 1991 yang bercita-cita menjadi PNS ini memiliki motto ”Menjalani kedua kehidupan baik kuliah maupun bekerja dengan ikhlas karena kedua hal tersebut adalah salah satu bentuk ibadah”. Disamping itu, kiat – kiat dalam menjalani dua kehidupan ini adalah selalu menjaga kesehatan, berdoa dan  terus berusaha sehingga cobaan sesulit apapun akan terasa mudah jika dilakukan dengan  ikhlas dan sabar. (rep:Ax, Sc/ed:Er)

iklan