Jurnal OnlineMedia sosial yang tengah booming di masyarakat ternyata memberi dampak bagi dunia pendidikan di Indonesia yaitu seluruh hasil karya (skripsi,tesis dan disertasi) mahasiswa di seluruh Indonesia mulai dari jenjang pendidikan S1, S2 sampai S3 wajib dipublikasikan di internet. Hal ini sesuai Surat Edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah.

Menurut Prof. Khomsahrial Romli, M.Si selaku dosen FISIP, jurnal online yang tengah diterapkan oleh  Dikti merupakan sarana efektif untuk mengetahui seberapa jauh mahasiswa mampu menulis karya ilmiah dengan baik dan benar sehingga dapat dinilai oleh publik. ’’ Seharusnnya mahasiswa sudah menyiapkan diri sejak dini untuk membuat hasil karya yang bebas dari plagiat ataupun saduran yang tidak memiliki sumber. Pasalnya dalam jurnal online mahasiswa dapat terdeksi apakah tulisan tersebut merupakan hasil orisinil dari mahasiswa ataupun mengutip dari karya orang lain, ” ujar Prof. Khomsahrial Romli, Selasa (18/12).

Ditambahkan Khomsahrial Romli kepada Rotasi, jurnal online merupakan suatu perubahan yang cukup penting agar sistem pendidikan memiliki perubahan yang mampu mengubah pola pikir menuju arah yang lebih baik dalam bidang akademik.(rep:ER&AJ/ed:AG)

iklan