23520734-Vector-mass-media-icons-set-Stock-Vector-media-pictogram-icon

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini banyak orang dengan mudah mengakses segala macam informasi begitu cepat tanpa harus memikirikan bagaimana cara mencari/mendapatkan informasi tersebut ,lewat media massa yang ada saat ini masyarakat sangat dimudahkan dengan moderenisasi yang ada seperti Televisi ,Sosial Media ,Internet ,Radio ,serta Surat Kabar. Dengan begitu disini kami mencoba mengulas kembali bagaimana sejarah perkembangan dari ke 5 media massa ini serta fungsi-fungsinya saat ini ,Mari!!

Televisi

Dewasa ini siaran televisi tidak hanya bisa diakses melalui satelit yamg selanjunya bisa disebarkan dalam waktu yang sama ke seluruh pelosok ,akan tetapi siaran televisi jg bisa diakses melalui kabel. PT Telekomunikasi Indonesia dala waktu dekat kemarin telah mensosialisasi kan program siaran televise yang cukup murah dan mudah.

Program dan siaran dalam televisi  ini tidak terlepas dari sentuhan perkembangan inovasi teknologi komunikasi ,khususnya dari komponen hardware. Walaupun secara demikian software televisi ini tidak berbeda jauh dengan siaran-siaran televisi satelit sebelumnya. Sasaran televisi adalah bagi komsumsi masyarakat dengan kondisi geografis yang memang  sulit untuk menerima siaran televisi dari station pusat. Televisi  mengalami perkembangan secara dramatis ,terutama melalui pertumbuhan televise kabel. Transmisi program televisi kabel menjangkau seluruh pelosok negeri dengan bantuan satelit dan diterima langsung layar televisi dirumah dengan menggunakan wire atau microwave yang membuka tambahan saluran televisi  bagi pemirsa.

Surat Kabar

Sekalipun surat kabar merupakan bentuk komunikasi massa ,tetapi media ini bisa dikatakan kurang missal dibandingkan dengan radio maupun televisi. Kalau kita amati dalam kehidupan sehari-hari ,hampir setiap orang mendengarkan radio atau menonton televisi. Sedangkan unuk surat kabar ,pembaca utama surat kabar hanyalah mereka yang lebih terdidik dan lebih tua. Hanya sekita 50% dari orang yang berusia 21 hingga 35 tahun yang memiliki kebiasaan membaca surat kabar.

Surat kabar sebagai media massa dalam masa orde baru mempunyai misi menyebarluaskan pesan pesan pembangunan dan sebagai alat mencerdaskan bangsa. Dari empat fungsi media massa (informasi, edukasi, hiburan, dan persuasif), fungsi yang paling menonjol dari surat kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan khalayak pembaca surat kabar, yaitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

Namun demikian, fungsi hiburan surat kabar pun tidak terabaikan karena tersedianya rubrik artikel ringan, feature, rubrik cerita bergambar atau komik, serta cerita bersambung. Begitu pula dengan fungsinya mendidik dan memengaruhi akan ditemukan pada artikel ilmiah, tajuk rencana, atau editorial, dan rubrik opini. Fungsi pers khususnya surat kabar pada perkembangannya bertambah yakni sebagai alat kontrol sosial yang konstruktif.

Sosial Media

Sosial media saat ini banyak sekali ditemu diinternet apabila anda menyematkan diri untuk mengakses layanan internet. Banyak orang (dalam hal ini pengguna internet) diseluruh dunia yang denganbegitu mudahnya mengakses media sosial  dari beragam perangkat misalkan saja komputer deskop ,komputer jinjing,hingga perangkat smartphone(telepon pintar).

Media atau jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Saat teknologi internet dan handphone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun tanpa biaya besar tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Internet

Dewasa ini komunikasi jarak jauh biasa dilakukan  untuk kepentingan pendidikan ,bukan hanya dunia entertainment saja yg banyak menggunakan fasilitas dunia maya atau WWW yg biasa anda temui pada layar monitor  yg menyajikan situs-situs website. Perkembangan system pembelajaran jarak jauh berbasis elektronik semisal dalam bentuk system e-learning dewasa ini perlu juga digali sejauh mana kita mampu memahaminya mulai dari apa ,mengapa ,bagaimana dan seperti apa bentuknya.

Internet pada mulanya diciptakan  oleh para pengembangannya karna mereka memerlukan kata yg dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet juga merupakan kumpulan orang  dan komputer didunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telpon. Jadi ,Internet atau biasa kita sebut Net adalah kumpulan luas dari jaringan computer yang saling terhubung diseluruh dunia mulai dari komputer kecil (personal computer) dirumah –rumah sampai komputer besar diperusahaan-perusahaan. Jadi siapa saja yang mempunyai komputer dan mempunyai persyaratan bias terhubung ke internet dan menjadi bagian dri jagat virtual/maya ini.

Definisi lain adalah internet bagaikan sebuah kota eletronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (internet Address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin mengelilingi kota elektronik tersebut ,cukup dengan menggunakan komputer sebagai  kendaraan. Hubungan bertumpu diatas media telekomunikasi . inilah yang disebut sebagai “Global Village” atau “Perkampungan Sejagad”. Fasilitas internet yang paling terkenal adalah World Wide Web(WWW) adalah bagian internet yang relatif baru ,sedangkan fungsi seperti mengirimdan menerima E-mail sudah dimanfaatkan orang selama lebih dari 30 tahun.

Internet juga memiliki banyak sekali manfaat yang salah satu fungsinya sebagai media untuk komunikasi dan pertukaran informasi. E-mail memungkinkan kita mengirimkan surat dan file jenis lain kepada para pengguna internet. Ada juga newsgroup yang memungkinkan prang berdiskusikan beragam hal. Program chat membuat kita biasa berkomunikasi(ngobrol) dengan orang lain secara langsung ,seperti telpon cuma dalam  bentuk tertulis. Lalu ada aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan seperti membeli buku atau mencari lowongan kerja. Selain itu internet dapat juga menjadi media promosi  bagi suatu produk atau jasa. Nah,kalau sudah banyak berselancar(surfing) di internet past kita menjumpai banyak hal lain. Tetapi ingat ,yang kita temukan itu ada yang berguna ada juga yang sampah.

Radio

Sebelum siaran tv hadir ditengah masyarakat ,radio merupakan system komunikasi massa yang paling dominan. Seperti halnya pada saat ini ketika keluarga berkumpul untuk menyaksikan acara-acara televisi ,dahulu keluarga-keluarga berkumpul untuk mendengarkan sandiwara radio. Radio mempunyai peranan yang sangat besar untuk membngun citra perusahaan atau organisasi tempat mereka berada. Melalui radio ,mereka dapat membuat acara diskusi interaktif ,iklan,maupun berita tentang organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja. Bahkan ,tidak menutup kemungkinan  pencitraan sebuah organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja dapat dilakukan dengan membuat sandiwara radio.

Maka dari itu ,tidak heran bukan bila ke 5 contoh media massa ini bisa dibilang sebagai pengubah dunia karena pada dasarnya media massa adalah sesuatu yang sangat berbahaya namun juga begitu bermanfaat. Media massa juga menjadi tempat dimana kita dapat memainkan segala hal. Apa pun itu! Di dunia ini, dengan media massa kita bisa mengubah hal yang benar menjadi salah, dan hal yang salah menjadi benar. Hal ini mudah sebab sesuatu yang diulang secara terus menerus akan terlihat lebih masuk akal daripada sesuatu yang masuk akal. Jadi , dengan efek yang begitu besar terhadap masyarakat khususnya terhadap pola pikir yang akan menentukan suatu perilaku yang akan diambil, maka dibutuhkan penggunaan media massa oleh orang yang memiliki kebijaksanaan yang tinggi. Banyak orang bilang “Siapa yang menguasai media massa maka ia dapat menguasai dunia”. (MI)

iklan