tips dan trik-belajar-ilustrasiKebiasaan kita belajar akan berdampak besar pada sukses atau tidaknya hasil pembelajaran. Ada yang biasa-biasa saja tapi sukses dalam prestasi belajarnya, ada yang memang giat dan rutin dalam belajar dengan sungguh-sungguh.Akan tetapi yang pertama sangat jarang terjadi, justru kebiasaan belajar yang kedualah yang efektif. Inilah 10 tip dan trik cara menghadapi kebiasaan buruk dalam belaja:

1. Jangan paksa belajar  pada satu kegiatan

Bagi mahasiswa yang rutin belajar, ia akana meluangkan waktu setiap hari meskipun sebentar untuk mengulang pelajaran, latihan atau sekedar membaca materi pokok pelajaran. Hal itu, lebih baik ketimbang belajar SKS tiap kali akan ujian, seperti kata pepatah: “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.”

2. Saat mau belajar memiliki rencana

Rencana belajar maksudnya adalah memiliki jadwal-jadwal belajar di luar sekolah.Buatlah jadwal belajar harian, mingguan jam demi jam.Lalu usahakan dengan tegas, dan tepati semua jadwal yang kamu buat.

3. Tepati rencana belajar sebagai kebiasaan

Memiliki jadwal belajar itu bagus, yang terpenting dari itu adalah meneptai kegiatan jadwal belajar itu sesuai waktu yang ditetapkan dengan rutin dan menjadi kebiasaan. Misalnya, setiap malam jam 20.00 – 21.00 Wib. Nah, jika ini rutin dilakukan, maka kamu akan lebih fokus dan menikmati proses belajar sebagai bagian dari jam tubuh kamu seperti juga makan dan ibadah. Dampak dari semuanya, secara psikologis akan lebih tenang, fresh dan percaya diri serta lebih produktif.

4. Mulailah untuk menyukai pelajaran

Mulailah untuk menyukai pelajaran yg mungkin tidak anda sukai , karena jika rasa suka sudah muncul, maka tidak akan terlalu sulit untuk kita dapat mengerti dan memahami pelajaran tsb.

5. Mulailah untuk menyukai pelajaran

Mulailah untuk menyukai pelajaran yg mungkin tidak anda sukai , karena jika rasa suka sudah muncul, maka tidak akan terlalu sulit untuk kita dapat mengerti dan memahami pelajaran tsb.

6. Dahulukan pelajaran yang paling sulit

Karena pelajaran yang sulit butuh konsentrasi tinggi, usaha dan mental pelajar, maka dahulukan dan jadikan perhatian yang utama. Nah, jika kamu memulai dengan yang sulit-sulit, percaya atau tidak, ini akan mengantarkan kamu menjadi pelajar yang meningkat dan sangat akan sangat efektif bagi kelangsungan pembelajaran

 

8. Jangan biarkan ada gangguan selama belajar

Hal yang bisa menenangkan itu perlu dicari.Karena itu, carilah tempat belajar yang aman dari gangguan. Sebab, saat kamu terganggu, maka ini akan mengganggu konsentrasi belajar dan ini sungguh mengganggu beljar kamu.

9. Ikuti belajar kelompok dengan efektif

Percaya atau tidak, belajar kelompok dengan efektif akan membawa banyak keuntungan. Seperti mendapat bantuan teman, menyelesaikan tugas dengan cepat, memahami konsep dengan tepat dan bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman lainnya. Masih ingatkah pepatah, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala?”.Jadi, gunakan pepatah ini untuk belajar.

10. Catat ulang setiap tugas, dan materi setiap minggu terakhir

Ada pengalaman yang bagus dari kebiasaan para pelajar yang sukses yaitu setiap akhir pekan mereka selalu mengulang catatannya.Kenapa begitu? Karena dengan mengulang catatan setiap akhir minggu, maka satu sisi dia lebih menguasai pelajaran selama seminggu, dan akan mempersiapkan materi apa saja yang belum dikuasai pada minggu berikutnya sehingga kamu akan lebih siap menerima konsep-konsep baru dalam pelajaran pada minggu.

Semoga tips dan trik tersebut bermanfaat. Selamat Mencoba. (rep:Sc/ed:Ag)

iklan