Toga-dan-Ijazah-Kuliah

Para calon mahasiswa yang masih duduk dibangku kelas 3 (tiga) SMA biasanya masih merasa bingung, Apa yang harus dilakukan setelah lulus sekolah? Tak bisa dipungkuri, diera globalisasi yang modern dan semakin maju ini, sangatlah dibutuhkan SDM yang mumpuni, yang dapat menghasilkan suatu karya yang memiliki daya jual, sehingga melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Berikut ini beberapa tips dan trik dari saya untuk anda yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan :

1.     Memantapkan Niat Dan Tujuan.

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, anda harus memiliki keyakinan yang tinggi bahwa anda memang benar-benar ingin melanjutkan ke jejjang perkuliahan. Jika tidak, nantinya anda akan merasa menyesal ketika anda sudah masuk kuliah.

2.     Mencari Informasi.

Banyak sekali media sosial yang memberikan informasi tentang suatu kampus di seluruh dunia baik profil, sistem perkuliahan, biaya, dsb. Carilah salah satunya yang menurut anda baik dan sesuai dengan kemampuan anda.

3.     Menentukan Tempat Kuliah.

Setelah anda mencari informasi dan merasa yakin dengan kampus tersebut, datangilah dan konfirmasikan kepada pihak bersangkutan.

4.     Memilih Jurusan.

Ini sangat penting bagi anda yang ingin kuliah, suatu jurusan akan menentukan karir anda kedepannya nanti, jangan sampai anda salah dalam menentukan jurusan. Ketahuilah bakat dan kemampuan yang ada pada diri anda dan tentukanlah dengan baik jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan yang anda miliki.

5.     Fokus Dalam Jurusan.

Ketika anda sudah masuk kuliah dan menjalani kegiatan perkuliahan, fokuslah dengan jurusan yang anda masuki. Pelajarilah dengan baik dan ikutilah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan jurusan anda karena itu akan menjadi modal anda dalam menjalani karir anda kedepan.

6.     Selalu Berdo’a.

Saat anda kuliah bukan berarti anda hanya memikirkan dan mengerjakan segala tugas perkuliahan. Tapi ingatlah, ]anda bisa seperti itu karena ada bantuan dari Tuhan anda yangselalu membimbing anda dalam meniti karir anda. Teruslah berdo’a dan lakukanlah segala aktivitas di dunia perkuliahan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Kehidupan setelah lulus sekolah bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Maka kemantapan dalam pilihan ketika memasuki ke jenjang yang lebih tinggi sangat dibutuhkan, agar tidak menyesal dikemudian hari. (AR/ ed: AJ)

iklan