pak zein

Kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan negara Indonesia kian memprihatinkan. Apalagi jika mereka ditanya tentang sejarah bangsa Indonesia. Tak banyak yang ingat, pada tanggal 14 Februari yang identik pada hari kasih sayang (valentine day) memiliki historis bagi Indonesia, yakni terbentuknya  PETA (Pembela Tanah Air) yang tak lain bentukan dari negara Jepang.

Menurut Ir. Zein Muhamad, MT, Dosen Kewarganegaraan UBL, minimnya kesadaran mahasiswa akan hari bersejarah sesungguhnya bukan kesalahan mutlak dari para mahasiswa itu sendiri sehingga membuat peringatan hari bersejarah itu tidak diindahkan lagi tetapi lebih kurangnya sosialisasi dari pemerintah. “Kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap hari-hari penting bersejarah di negara Indonesia ini membuat sebagian masyarakat khususnya mahasiswa menjadi lupa akan hari bersejarah yang pernah menjadi bagian dari terbentuknya negara ini”, ujarnya Selasa (19/03).

Ditambahkan Zein, kesadaran pemerintah lebih penting dan utama dibangdingkan kesadaran warga negaranya. Karena sejatinya sejarah merupakan hal yang sangat penting. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mempelajari, mengingat, dan mengetahui sejarah perjuangan bangsanya untuk menjadi acuan melangkah kedepan”, pungkasnya saat ditemui di Gedung Fak. Teknik Universitas Bandar Lampung. (rep: UN & AJ / ed:  ER)

iklan