Hanami Festival, Nogata-shi, Riverside 20163Negeri Matahari terbit Jepang selalu identik dengan keindahan bunga sakuranya. Keindahan bunga sakura ini selalu di semarakan oleh masyarakat Jepang melalui sebuah perayaan festival. Festival ini selalu diselenggarakan setiap tahunnya di Jepang. Masyarakat Jepang rutin menggelar festival ini selain untuk ajang berkumpul bersama keluarga dapat juga untuk memperkenalkan adat dan budaya Jepang kepada masyarakat secara luas. Festival ini rutin diadakan di Jepang ketika musim semi tiba. Dipilihnya musim semi dikarenakan bunga sakura hanya bermekaran di musim ini tepatnya setiap akhir bulan Maret atau di bulan April.

Masyarakat Jepang biasa menyebutnya dengan Festival Hanami. Hanami berasal dari kata Hana yang berarti bunga dalam bahasa jepang, dan Mi yang berarti melihat. Jadi Festival Hanami ini adalah sebuah tradisi yang unik di Jepang untuk melihat dan menikmati keindahan bunga sakura ketika bermekaran. Masyarakat Jepang pun memaknai mekarnya bunga sakura sebagai lambang kebahagiaan. Selain itu, yang menjadi ciri khas dari festival ini adalah piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

“Sebenarnya Hanami ini bisa dilakukan dimana saja, yang penting dibawah pohon Sakura. Festival ini diadakan agar penduduk lokal, turis lokal maupun turis mancanegara bisa sama-sama merasakan indahnya musim semi bersamaan dengan mekarnya bunga Sakura. Selain melihat keindahan bunga Sakura, wisatawan-wisatawan yang datang ke festival ini pun dapat juga melihat kebun bunga tulip yang sedang bermekaran,” ungkap Vicky. (Rep. JN/Ed. AX)

iklan