10419464_540399036085955_5268611703208755543_n

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tak banyak remaja saat ini yang menyukai gendre musik klasik atau musik keroncong, musik pop dan R&B jauh lebih di gandrungi saat ini. Berbeda dengan Mayang Kusuma, gadis yang akrab disapa Mayang ini justru menyukai gendre musik yang tidak banyak orang mampu menyanyikannya. Tapi saat ini sangat banyak sekali penyanyi yang hanya bermodalkan fisik yang menarik saja. Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen semester tiga, ini memiliki suara yang sangat luar biasa, terutama dalam menyanyikan lagu-lagu keroncong.

Dara cantik kelahiran Sumber Jaya, 25 Oktober 1994 ini tidak hanya memiliki kemampuan menyanyikan lagu-lagu keroncong, namun Mayang juga memiliki ciri khas pada suaranya yang tidak dimiliki orang lain. Hal tersebut terbukti dengan terpilihnya Mayang menjadi peserta satu-satunya wakil Universitas Bandar Lampung dalam menyanyi keroncong pada lomba PEKSIMIDA (Pekan Seni Mahasiswa Daerah)tahun 2014 dan tinggal menunggu uji kelayakan menuju PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional).

Putri dari pasangan Poniran dan Dian Astuti ini sangat aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Budaya dan Seni (UKMBS-UBL) sehingga bakat dan kemampuan yang di miliki dapat tersalurkan dengan baik. Meski memiliki latar belakang musik pop, Mayang tak ragu untuk terjun ke dalam aliran musik keroncong. “Aliran musik saya sebenarnya adalah pop, dari dulu saya juga sukanya pop, namun dalam lomba PEKSIMIDA ini saya memberanikan diri untuk keluar dari zona aman saya, yaitu pop dan beralih kealiran musik keroncong, selain mencoba hal baru, saya juga diarahkan untuk mengikuti lomba yang memiliki peluang besar untuk menang” ujar Mayang saat ditemui digedung C, Universitas Bandar Lampung, Kamis (28/8).

Meski tidak pernah mengenyam pendidikan tentang tarik suara maupun musik, Mayang masih terus belajar  dari sang Ibu yang ternyata juga memiliki hobi yang sama yaitu menyanyi. Ia mengaku masih terus banyak belajar, karena dia masih banyak kekurangan. “Diluar sana masih sangat banyak penyanyi yang memiliki bakat bagus, terdidik. Sedangkan saya cuma bermodalkan niat dan semangat, jadi banyak perlu banyak belajar”, pungkas nya. (rep: DN/ed:AJ)

iklan