makansahur

Kebanyakan dari kita bangun saur dengan terpaksa karena takut ketika siang hari tidak sanggup menahan lapar. Padahal banyak sekali manfaat yang terdapat pada kegiatan makan sahur. Bahkan dari Anas bin Malik R.A, Rasulullah saw. Bersabda :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“makanlah saur karena sesungguhnya didalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-bukhari & Muslim).

Selain menjadi suatu kegiatan yang disunahakan, makan sahur juga ternyata memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut pun turut dipaparkan oleh Pramono, Ahli Gizi RSUD Ulin Banjarmasin, dimana  dirinya telah mengungkap rahasia sehat dari makan sahur.

Menurutnya, bangun di waktu sepertiga malam terakhir (01.00-Subuh) untuk makan sahur akan mengurangi terkena stress. Pasalnya orang yang tidur pada sepertiga malam terakhir itu akan memproduksi banyak hormon stress. Hormon stress akan meningkat pada waktu sepertiga malam tersebut. Produksi hormon ini bisa di tanggulangi jika kita bangun dari tidur. Karena sebenarnya tidur merupakan waktu yang digunakan berbagai macam hormon untuk di produksi.

“Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua (pukul 22.00 – 01.00) dapat bermanfaat secara optimal,” tutur Pramono seperti dikutip Tribunnews.

Hormon Kortisol ini juga memberikan beberapa efek buruk pada tubuh manusia. Seperti hilangnya massa otot, terurainya otot, tendon, ligament, karena digunakan untuk membentuk glukosa. Menurunnya kadar DHEA, hormon pertumbuhan, IGF-1 dan TSH (thyroid stimulating hormon).

Dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar gula darah, menurunnya kepekaan insulin serta meningkatkan nafsu makan dan selalu ingin makan yang manis. Terakhir, meningkatnya lemak tubuh yang biasanya ditandai dengan perut yang membuncit.

Artinya, bangun pada sepertiga malam terakhir (untuk makan sahur) akan membantu tubuh jadi lebih sehat, terlihat awet muda, dan bisa mencegah penyakit kencing manis (diabetes). Jadi jangan malas lagi yah makan sahur, selamat mencoba.

#Ramadhan

iklan