DSCF1772

Kalender Akademik perkuliahan semester ganjil 2016/2017 baru akan berlangsung pada Senin (5/9) mendatang. Namun, hal berbeda nampak di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung (UBL). Program Studi Ilmu Komunikasi UBL tetap intensif menjalankan kegiatan internal kampus. Memasuki persiapan semester ganjil 2016/2017, mahasiswa-mahasiwa semester VII dari Program Studi Ilmu Komunikasi UBL sudah harus melakukan kegiatan Job Trainingnya.

Menyikapi kesibukan kegiatan disalah satu Program Studi naungannya, Dekan FISIP UBL Dr. Drs. H. Yadi Lustiadi, M.Si., mengaku meski kondisi kampus masih belum aktif sepenuhnya tetapi semangat para mahasiswa akhir Ilmu Komunikasi untuk mempersiapkan segala hal akademiknya di masa-masa akhir perkuliahan tidak pernah surut. “Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktek mahasiswa yang selama ini secara teoritis diperoleh di kampus, maka hasil dari aplikatif anak-anak kami selama belajar praktek langsung dengan para praktisi profesional harus segera dipersiapkan dalam laporan pertanggungjawaban akademiknya,” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UBL, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., mengungkapkan bahwa aktifnya kegiatan akademik para mahasiswa semester akhir meski disaat libur seperti ini sangat mendukung peningkatan kemampuan mahasiswa baik secara praktik maupun teoritis sesuai dengan disiplin ilmunya. “Kegiatan ini tidak hanya terkait pada eksistensi mereka disemester akhir masa kuliah mereka. Tapi, langkah kesiapan ini juga mengingatkan mereka bahwa pada saat ini terjadi persaingan tingkat tinggi dilingkup ASEAN dan global semakin ketat, jadi jelas setelah mereka selesaikan job training dilanjutkan laporannya, membutuhkan kemampuan skill dalam bersaing,” Imbuhnya.

Sedangkan, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi semester akhir UBL, M. Denu Poyo mengakui mata kuliah job training ini berlangsung selama dua bulan. Selama menjalani job training ini banyak manfaat yang telah didapatkan mulai dari mendapatkan ilmu dan pengalaman baru di dunia kerja nyata hingga mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan dengan dunia kerja. Denu pun menambahkan baik dirinya maupun teman-teman kuliah sebaya memang tidak bisa berleha-leha meskipun kondisi kampus masih belum aktif kuliah sepenuhnya.

“Persiapan pun sudah dilakukan selama setahun terakhir sehingga saya dapat diterima di Yayasan Langit Sapta. Selama mengikuti job training disini banyak hal baru yang dapat dipraktekan secara langsung dan tentunya dengan bekal ilmu yang didapat di perkuliahan. Salah satunya analisis perencanaan dan evaluasi program, event of pr, penulisan humas hingga dasar-dasar jurnalistik. Ditambah lagi dengan semester ini kami sudah mulai masa pembimbingan, jadi kegiatan kami dari sejak awal libur, aktifitas akademik kami dikampus masih berjalan. Memang sih menyita waktu senggang kami, tapi langkah ini juga dipersiapakan sebagai langkah awal kami dalam mempersiapkan tugas akhir skripsi nanti,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan