bbb

Koodinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) telah mengadakan Workshop jurnalistik bagi mahasiswa pers Kampus Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan Kopertis Wilayah 2. Kegiatan ini diselenggarakan di Asrama Haji Sumatera Selatan pada tanggal 1 sampai 2 Desember 2015 lalu. Workshop ini juga membahas tentang peranan jurnalistik mahasiswa dalam kehidupan kemahasiswaan. Nah, ingin tahu apa saja rangkaian kegiatan serta siapa saja yang menjadi pemateri dan peserta pada kegiatan ini? Yuk sahabat rotasi, kita ulas langsung dengan M. Denu Poyo, Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mewakili UBL dalam kegiatan tersebut.

bbbbbb

Hai Denu, acara Workshop jurnalistik bagi mahasiswa pers kampus Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan Kopertis Wilayah 2 ini seperti apa sih ?

Hai sahabat rotasi. Acara Workshop jurnalistik bagi mahasiswa pers kampus Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan Kopertis Wilayah 2 adalah workshop yang membahas mengenai jurnalistik mahasiswa dan pesertanya adalah Universitas Swasta di lingkungan Kopertis Kilayah 2 yaitu Palembang, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Jumlah peserta seluruhnya ada berapa yang hadir ?

Kalau di undangan, yang diundang ada 49 Kampus swasta dilingkungan Kopertis Wilayah 2 dengan jumlah peserta 88 orang mahasiswa yang diundang. Bagi universitas diluar Palembang hanya satu orang mahasiswa saja perwakilan setiap kampus, namun yang di Palembang setiap kampus mengirimkan 2 delegasi mahasiswa. Tetapi pada saat acara mulai, peserta yang hadir berjumlah 83 peserta.

bbbbbbbbbbbbb

Apa saja sih kegiatan di hari pertama dan kedua ?

Untuk kegiatannya sendiri sesuai dengan jadwal yang sudah tertera dalam undangan. Hari pertanya, tepatnya hari selasa, tanggal 1 Desember 2015, yaitu pembukaan dan materi. Pembukaan langsung dibuka oleh ketua kopertis wilayah 2, Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A. selain membuka acara, ia juga menyampaikan materi mengenai peranan jurnalistik mahasiswa dalam kehidupan kemahasiswaan. Dilanjut dengan materi yang disampaikan oleh Ir. Akhmad Junaedy, M.S tentang kiat – kiat untuk membuat majalah atau tabloid kampus. Materi yang selanjutnya tentang Pers mahasiswa yang disampaikan oleh Doni Andrianto B., S.Kom. materi yang terakhir, merupakan materi yang sangat seru yang disampaikan oleh Pimpinan Redaksi media cetak Sumatera Ekspres, Nurseri Marwah, S.T.

Untuk hari kedua, kami kunjungan ke media cetak Sumatera Ekspres. Disambut luar biasa oleh seluruh jajaran Sumatera Ekspres, kunjungan ketempat pengolahan berita, berbincang seputar rubrik – rubrik Sumatera Ekspres dan bedah tentang rubrik Xpresi.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

Apa kesan Denu mengikuti kegiatan ini?

Kesan saya sangat luar biasa. Yang pertama saya bisa mewakili UBL dalam kegiatan ini. Dari sekian banyak Universitas swasta di Lampung, Hanya 5 Universitas saja yang diundang, dan setiap kampus hanya mengirimkan satu delegasi saja. Dan acara berlangsung sesuai dengan jadwal, pemateri yang dihadirkan juga luar biasa. Materi worksho sangat segar dan memberi efek positif dan semangat bagi para peserta.

Harapan Denu sendiri untuk kedepannya bagaimana mengenai acara ini ?

Saya pribadi sih berharap agar acara ini kontinyu, atau berkelangsungan setiap tahunnya. Dan tidak hanya workshop saja, tapi langsung ke praktik tentang pembuatan majalah atau tabloid kampus, sehingga ilmu yang didapat bisa langsung diaplikasikan.

 

iklan