IMG_2944

Mahasiswa-mahasiswi baru Universitas Bandar Lampung tahun akademik 2016/2017 bersiap menyambut perkuliahan semester ganjil tahun ini. Persiapan demi persiapan pun telah dijalani para mahasiswa untuk mengarungi dunia pendidikan di tingkat Strata 1 (S1). Pada tahun ini, Universitas Bandar Lampung (UBL) memberikan pembekalan dan motivasi bertajuk “Character Building” kepada  ratusan mahasiswa baru penerima beasiswa gelombang I di Aula Gedung F, kampus Drs. H. RM. Barusman.

Mahasiswa-mahasiswa yang turut hadir di kegiatan ini merupakan mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah, yakni dari 15 kabupaten/kota se- Provinsi Lampung, Sumbagsel (Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung), Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Banten (Serang, Tangerang), Jabodetabek, Jawa Barat (Tasikmalaya, Garut), Jawa Tengah dan Timur, Bali, Nusa Tenggara (NTT dan NTB), Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Melalui Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (BMHK) serta Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA), Manajer BMHK UBL Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M., menjelaskan pemberian pembekalan dan motivasi membuktikan komitmen UBL mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada mahasiswanya sejak awal kuliah. Adanya pembekalan dan motivasi ini merupakan kegiatan di sela Kelas Pembangunan Karakter (KPK) yang berlangsung pada Senin (18/7) hingga Kamis (18/8) mendatang. “Para penerima beasiswa ini perlu dibekali berbagai ilmu, pengalaman dan pengetahuan untuk siap berkompetisi menghadapi dunia perkuliahan dengan segala kompleksitasnya,” Ucapnya.

Indriati menambahkan, inti kesinergisan BHMK bersama BPKHA UBL ini terletak pada pemberian pengalaman serta pengetahuan yang perlu diketahui,dipersiapkan, dijalani hingga dikembangkan para maba beasiswa semasa kuliah. Diakuinya kegiatan tersebut dirasakan manfaatnya bagi para peserta. “Kami berharap langkah ini juga diikuti kesinergisan para mahasiswa beasiswa dalam menjalankan visi, misi universitas dengan pengaplikasian program kerja pengembangan SDM mahasiswa yang terus ditingkatkan dan dikembangkan mulai fakultas hingga program studi,” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPKHA UBL Dra. Yulfriwini, M.T., menerangkan pemberian pembekalan dan motivasi difokuskan guna membangun karakter setelah transisi lulus dari SMA sederajat. “terutama dalam menjalankan prosedur kuliah, seperti sistem belajar, manajerial, dan interaksi kegiatan belajar mengajar (KBM)nya. Kegiatan ini menolong mereka dalam memahami itu,”terangnya.

Yulfriwini kembali menegaskan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi, UBL berkewajiban,bertanggung jawab dalam membimbing dan membina sumber daya manusianya guna mempersiapkan diri beradaptasi dengan sistem yang ada. Dengan harapan, para maba beasiswa memiliki kelebihan, panutuan serta memicu prestasi para mahasiswa lain. (Rep. BMHK/Ed. AX)

 

iklan