http://www.lusa.web.id
http://www.lusa.web.id

 

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhannya dibutuhkan media untuk mengutarakan pendapat dan keinginan orang tersebut sehingga orang lain mengerti apa yang kita butuhkan. Tanpa komunikasi manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhan dan keinginannya karena tidak ada manusia yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Disinilah pentingnya peran komunikasi terutama komunikasi antar pribadi.

Komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal biasanya digunakan oleh orang-orang yang memliki hubungan yang dekat dan sudah saling mengenal untuk waktu yang lama. Komunikasi antar pribadi melibatkan kedekatan secara emosional dan seksual.menurut Julia T. Wood, komunikasi antar pribadi yaitu transaksi selektif, sistemik, unik, dan prosesual (adalah proses yang berkelanjutan) yang memungkinkan orang untuk mencerminkan dan membangun pengetahuan pribadi satu sama lain dan menciptakan makna bersama. Melalui definisi ini, Wood memberikan konsep-konsep untuk memahami komunikasi antar pribadi, yaitu:

  1. Selective

Setiap orang akan memilih dengan siapa dia akan berkomunikasi terutama apabila ingin berkomunikasi secara intim. Kita akan memilih-milih mana orang yang kita percayai sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kepentingan kita. Seringkali kita menolak ajakan mengobrol dari seseorang karena tidak menyukai sifat dan karakter orang tersebut. Kita hanya bisa membuka diri pada orang yang kita percayai, bukan dengan sembarang orang yang kita temui.

  1. Systemic

Komunikasi antar pribadi juga bersifat sistemik. Komunikai ini terjadi dalam berbagai sistem. Latar belakang sosial dan budaya, pendidikan, dan sebagainya merupakan bentuk sistem yang ada di masyarakat. Masing-asing sistem tersebut dapat mempengaruhi komunikasi kita, baik dalam menafsirkan suatu pesan maupun persepsi kita terhadap suatu informasi. Sistem sosial ini juga mempengaruhi bagaimana kita mengkomunikasikan pesan yang akan kita sampaikan.

  1. Unique

Komunikasi antar pribadi bersifat unik. Kita bisa mengganti lawan bicara kita namun kita tidak bisa menggantikan sifat dan kepribadian satu orang dengan orang lain. Ketika kita kehilangan seseorang yang sudah kita anggap dekat dan akrab, kita juga akan kehilangan hubungan dekat tersebut. Meskipun kita mendapatkan penggantinya, tetapi hubungan yang terjadi tidak akan sama dengan hubungan yang terdahulu.

  1. Processual

Komunikasi merupaka proses yang berkesinambungan. Komunikasi tidak mungkin berhenti di satu sisi . komunikasi akan terus berlangsung dan berkembang sesuai perkembangan zaman dariwaktu ke waktu. Semakin lama kita mengenal seseorang, kita akan semakin dekat secara pribadi dengan orang tersebut, terutama apabila kita menyukai sifat dan pribadinya. Sebagai sebuah proses yang berlangsung secara terus menerus, komunikasi antarpribadi tidak memilikibatasan awal dan akhir yang jelas. Kita tidak tahu kapan komunikasi itu bermula dan kapan komuniikasi tersebut berakhir.

  1. Transactional

Proses komunikasi merupakan kegiatan pertukaran informasi antara satu orang dengan orang lain. Setiap orang yang terlibat dalam sebuah percakapan berbagi tanggungjawab untuk membuat percakapan tersebut efektif dan berjalan sesuai dengan keinginan komunikator dan komunikan yang terlibat.

Dengan memahami konsep komunikasi antar pribadi, kita bisa menafsirkan keinginan orang lain sesuai dengan pesan yang ia sampaikan. Tidak akan terjadi salah pengertian dalam menafsirkan pesan tersebut apabila kita telah memahami pribadi lawan bicara kita. Kemungkinan terjadinya konflik diantara anggota komunikasi juga akan semakin kecil. Dengan komunikasi antar pribadi, hubungan sosial diantara masyarakat juga akan semakin harmonis. (OV)

iklan