foto rotasiDalam  kehidupan sehari – hari pastinya kita tidak lepas komunikasi. Seorang individu tidak dapat melewatkan satu haripun tanpa adanya Komunikasi. Namun  tahukan kalian bahwa dalam  berkomunikasi itu membentuk sebuah sistem.

Apa sih sistem ?

Pengertian Sistem adalah berbagai elemen yang berhubungan dan menjadi satu demi mencapai suatu tujuan.

Menurut Sumantri, sistem adalah berbagai bagian yang menjadi satu dan difungsikan untuk melakukan suatu tujuan, jika ada bagian tersebut yang rusak maka tujuan yang akan dicapai tidak sempurna.

Sebuah sistem yang terbentuk juga harus memiliki energi atau masukan yang nantinya akan mengeluarkan sebuah keluaran. Jika tidak adanya energi yang masuk maka suatu sistem tersebut pastinya akan mengalami kehancuran.

Dalam proses komunikasi yang sederhana terdapat tiga elemen yang muncul yakni, sumber pesan, pesan dan penerima pesan. Dari ketiga elemen yang sederhana ini terbentuklah sebuah sistem yang dinamakan sistem komunikasi.

Sistem komunikasi yang terbentuk pada kehidupan manusia  menyangkut dua individu yang saling bertukar pesan, individu satu mengirim pesan ke individu lainnya dan setelah individu lainnya mengerti kemudian ia mengirim pesan lagi ke individu pertama tadi, sehingga menimbulkan kesamaan persepsi di kedua belah pihak. Jika tidak ada lagi pertukaran pesan dalam sistem komunikasi maka sistem yang terbentuk itu akan berhenti dan mengalami sebuah kehancuran. (Rep. IG/Ed. MS)

iklan