kopi-luwak-ilustrasi-_110613234342-434

Kopi asli Indonesia, Kopi Luwak, dikenal dengan rasa dan harganya yang wah. Tak heran meski diproduksi di berbagai daerah, perajin kopi luwak asal Lampung Barat menyatakan permintaannya masih tinggi. Bayangkan saja, 1 kilogram kopi luwak dibandrol dengan harga Rp. 700.000,- sedangkan jika kopi tersebut di jual di luar daerah lampung harganya mampu mencapai lebih dari Rp. 1.000.000,-

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Dengan indera penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang optimal sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang masih dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Hal ini terjadi karena luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, sehingga makanan yang keras seperti biji kopi tidak tercerna. Biji kopi luwak seperti ini, pada masa lalu hingga kini sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia.

Bagi anda penikmat kopi. Sekali anda mencoba rasa rindu ingin dan ingin meminumnya kembali. (AJ)

iklan