tangguungjawab

Mungkin CSR (Corporate Social Responsibility) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia, khususnya bagi mahasiswa. Ilmu komunikasi tentu akan mempelajari CSR, terlebih lagi bagi yang mendalami jurusan Public Relation (PR). Jika dilihat dari namanya, Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab sosial perusahaan. Tetapi CSR bukan hanya sekedar tanggung jawab sosial perusahaan saja. Terlebih lagi jika telaah lewat ilmu komunikasi CSR memiliki banyak pengertian.

Corporate Social Responsibility merupakan program pertanggungjawaban sosial perusahaan yang dilakukan guna memenuhi tanggung jawab perusahaan dengan berprinsip kepada 3 hal utama. 3 hal utama tersebut biasa dikenal dengan 3 prinsip CSR yaitu, Profit, Planet, People.

Dari segi ilmu komunikasi, CSR sangat ampuh dalam mempertahankan citra dan reputasi perusahaan. Citra dan reputasi perusahaan sangat diperlukan, terutama dari pihak masyarakat sebagai konsumen atau pelanggan serta para pemangku kepentingan. Selain itu, CSR dengan media juga memiliki hubungan yang erat. Media menjadi salah satu saluran komunikasi yang dapat mensukseskan kegiatan pertanggungjawaban tersebut.

Pertanggung jawaban dari CSR dilakukan perusahaan lebih kepada bidang sosial kemanusiaan. CSR sendiri dilakukan atas dasar ekspolitasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk kepentingan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. CSR juga harus memperhatikan masyarakat yang berada diwilayah perusahaan berasal khususnya yang paling terdekat dengan perusahaan.

Pada perkembangannya, CSR sangat dibutuhkan dan harus dilakukan oleh perusahaan, mengingat citra dan reputasi yang baik dapat mempertahankan eksistensi atau keberadaan perusahaan itu sendiri. (AJ)

foto : wp.jsstatic.com

iklan