monevubl
BUKA MONEV : Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T., mewakili Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., membuka Monev Penelitian para dosen di Lampung, di Gedung L, Lantai 2, Kampus B, Pascasarjana Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Kamis (27/10/2016). (Foto Dok. UBL Pro/BMHK UBL).

Universitas Bandar Lampung (UBL) dipercaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (Dir.RPM) sebagai tuan rumah Monitoring dan Evaluasi (Host Monev) Penelitian para dosen di beberapa Perguruan Tinggi Swata (PTS) Lampung.

Ketua Panitia Lokal Host Monev UBL Drs. Soewito, M.M., berujar kampus ini menjadi tuan rumah monev selama dua hari selama keberlangsungan acara, yakni (27-10) hingga (28-10) 2016 lalu di Gedung L Kampus Pascasarjana Dra. Hj. Sri Hayati Barusman.

“Penunjukan host ini bentuk kepercayaan dari Kemenristekdikti. Mereka mempercayakan (host) itu karena kinerja kita UBL dan LPPM ini terus menunjukan prestasi dan diapresiasi pihak mereka,” Katanya.

Diakui Wakil Koordinator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UBL ini adanya monev ini untuk menelusuri sumber dana penelitian yang dibiayai Kemenristekdikti, setelah hasil proposal dan pengajuan para dosen di-upload.

“Monev ini ada dua macam yakni monev internal dan eksternal. Buat internal sudah kita (UBL) lakukan 11 Oktober kemarin sekarang monev eksternal dengan reviewer (pemeriksa) dari Kemenristekdikti. Kebetulan, UBL menjadi host yang meliputi monev diinternal kampus dan  berbagai rekan (dosen) dari kampus lain,” Paparnya.

Selain UBL, dosen yang kampusnya dimonev yakni STKIP Muhammadiyah Kota Bumi, Universitas Muhammadiyah Metro (UMM), Sekolah Tinggi Pertanian Dharma Wacana Metro (Stiper-DWM), IBI Dharmajaya, dan Universitas Malahayati (Unimal).

“Total proposal yang dimonev reviewer ada 58 buah (proposal). Dari semua kampus itu, proposal UBL masih termasuk dominan direviewer. Buat pembagian reviewnya, untuk hari pertama (27-10) sebanyak 25 proposal, sisanya (33 proposal) dihari kedua (28/10/2016),” Ujarnya.

Lebih lanjut, Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Prodi NI Fisip) UBL ini menerangkan para reviewer monev eksternal merupakan pihak yang ditunjuk langsung Dir-RPM yakni Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu Prof. Dr. Rambat Adi Sasongko S.Pd., M.Pd., dan Ketua Kantor Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-Institut Teknologi Bandung (HaKI-ITB) Dr. Ir. Adi Pancoro, MS, DEA.

Sebelumnya, dalam sesi pembukaan Monev Penelitian di UBL, Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T mewakili Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., sehari sebelumnya, Kamis (27/10/2016) sangat mengapresiasi penunjukan kampusnya sebagai tuan rumah monev bagi berbagai proposal penelitian para dosen PTS di Provinsi Lampung ini.

Hery pun menghimbau agar kegiatan monev yang diperuntukan bagi 58 dosen berbagai PTS Lampung, khususnya UBL agar berjalan dengan baik. Tentunya, harus dilaksanakan dengan ketentuan dan peraturan. Dengan harapan, selain penelitian ini dapat berlanjut ditahun berikutnya termasuk terjadi peningkatan jumlah proposal yang direviewer secara eksternal. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan